Sukses

Merantau ke Mana?

Apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin merantau?

Liputan6.com, Jakarta

Setelah lulus kuliah, banyak orang berpikir ingin merantau. Banyak alasan kenapa orang ingin merantau. Alasan paling banyak adalah ingin mencoba hidup mandiri karena jauh dari orang tua. Yang kedua adalah ingin mencoba peruntungan di kota lain, terutama di kota-kota besar.

Saat ingin memutuskan hendak merantau ke mana, banyak pertimbangan yang muncul. Gaji biasanya menjadi pertimbangan utama, tentunya dibandingkan dengan biaya hidup. Pertimbangan selanjutnya biasanya adalah ada suasana kota, jarak tempat tinggal dan kantor, lingkungan kerja, ada tidaknya saudara atau teman dekat di kota tujuan, dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang berpikir ingin merantau ke kota-kota besar, simak ulasannya di bawah ini!

1. Jakarta

Ingin merantau ke Jakarta? Siapkan mentalitas sekuat baja, karena bekerja di Jakarta tidak semudah yang Anda bayangkan. Selain itu, kenali juga wilayah Jakarta dan trasnsportasi yang ada. Jangan lupa juga untuk cari teman sebanyak mungkin dan selektif memilih teman.

2. Surabaya

Menjadi salah satu pintu gerbang perekonomian dan pariwisata Indonesia, Surabaya juga tempat yang cocok untuk Anda merantau. Tapi, jangan lupa untuk mengenali budaya di Surabaya. Anda pun harus mencari tahu mengenai makanan dan juga tempat tinggal, jangan sampai Anda kebingungan dan merasa tidak cocok ketika berada di Surabaya.

3. Bandung

Merantau ke Bandung, Anda harus bisa menjadi sosok yang terbuka dan bisa berinteraksi dengan siapa saja. Biaya hidup yang murah, biasanya akan membuat Anda tergoda untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Jadi, Anda harus bisa menahan godaan untuk membeli barang yang tidak begitu penting.

4. Medan

Jangan kaget saat Anda merantau ke Medan, Anda akan mendengar obrolan yang terdengar seperti membentak, karena suasana kota yang bising dan ramai. Anda pun harus mencari tahu dulu makanan khas medan yang cocok. 

5. Makassar

Bekerja di kota Makassar akan membuat Anda menikmati keindahan alam di sana. Di sini Anda pun harus terbiasa dengan nada suara di lingkungan yang terkesan meninggi. Selain itu, kesempatan yang dibuka untuk Anda merantau pun masih sangat luas.

Nah, sudah memutuskan ingin merantau ke mana? Buat kamu yang sudah lebih dulu memulai langkah berkarir di lima kota di atas, tidak ada salahnya berbagi pengalaman dengan yang lain. Ada hadiah laptop, handphone dan voucher belanja juga, loh! Yuk, bagi pengalamanmu sekarang: Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.