Sukses

Lapan Luncurkan Citra Satelit Resolusi Tinggi, Apa Manfaatnya?

Lapan bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) dalam menyediakan citra satelit resolusi tinggi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penelitian Antariksa Nasional (Lapan) menyediakan citra satelit penginderaan jauh resolusi tinggi. Pemanfaatan satelit ini antara lain untuk pembuatan informasi pertanahan, tata batas kawasan hutan, dan lahan baku sawah.

Demikian dikatakan Deputi Penginderaan Jauh Lapan Orbita Roswintiarti saat penyerahan data satelit resolusi tinggi kepada instansi pemerintah dan pemda, serta peluncuruan Katalog Data Satelit Nasional, di Ruang Serbaguna Kedeputian Penginderaan Jauh Lapan, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (27/1/2016).

"Citra satelit beresolusi tinggi dapat bermanfaat untuk pemetaan irigasi, deteksi dan pemantauan daerah pertambangan informasi perpajakan, dan pembuatan blok sensus, serta pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan," kata Orbita.


Dia menjelaskan, citra satelit resolusi tinggi tersebut didapat melalui stasiun Bumi penginderaan jauh Lapan di Pare-pare, Sulawesi Selatan. Lapan bekerja sama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) dalam menyediakan citra satelit resolusi tinggi tersebut.

"Kami telah bekerja sama dengan BIG 2015 kemarin, untuk menyediakan citra satelit penginderaan jauh resolusi sangat tinggi, di area 930 ribu kilometer," kata Orbita.

Karena itu, kata dia, usai diperolehnya data dan katalog citra satelit penginderaan jauh ini, Lapan menyerahkan hasilnya kepada 9 kementerian atau lembaga pemerintah dan 49 pemda.

"Selama ini, Lapan sebagai lembaga yang menyelenggarakan pemanfaat penginderaan jauh telah banyak menghasilkan informasi bermanfaat, seperti mengenai fase pertumbuhan padi, zona potensi penangkapan ikan, dan objek pajak," tutup Orbita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini