Sukses

Kisah Panji Putra Menteri Susi Saat Nyantri di Gontor

Liputan6.com, Jakarta - Kediaman Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Jalan Widya Chandra V, Nomor 26, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terus didatangi pelayat.

Sejumlah kerabat dan tokoh nasional berdatangan menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya putra sulung Susi, Panji Hilmansyah di Florida, Amerika Serikat.

Salah satunya Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Politikus PKS itu mengatakan, kehadirannya untuk menyampaikan rasa duka atas nama pribadi, sebagai rekan Menteri Susi, sekaligus mewakili keluarga besar alumni Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

"Pertama saya mewakili keluarga besar dari Gontor karena ternyata almarhum Pak Hilman ini dulu pernah nyantri di Gontor," ujar Hidayat usai melayat di rumah dinas Menteri Susi, Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Meskipun hanya setahun, kata dia, almarhum telah meninggalkan banyak kenangan manis selama tinggal di pesantren pada 1996 lalu.

"Meskipun hanya 1 tahun di Gontor, ternyata (almarhum) mendapatkan apresiasi dan kenangan manis dari para guru dan kawan-kawannya," tutur dia.

Meski belum pernah bertatap muka langsung dengan Panji, Hidayat yakin almarhum merupakan sosok yang baik dan mudah bergaul. Dia mengaku mendapatkan banyak cerita ‎tentang Panji dari rekan-rekannya sesama alumni Pondok Gontor.

2 dari 2 halaman

Pandai Berbahasa Inggris

Salah satu kenangan yang paling diingat para alumni, yakni keterampilannya berbahasa Inggris. Meski baru lulus SD, Panji terbilang cukup mahir berbahasa Inggris. Pemuda itu bahkan dikenal tak pelit ‎berbagi ilmu dengan teman-temannya.

"Yang paling dikenang itu tentang keceriaannya, tentang kemampuan berbahasa Inggris, dia juga mengajarkan kepada kawan-kawannya," ucap Hidayat.

Panji Hilmansyah dikabarkan meninggal dunia di Florida, Amerika Serikat. Pria berusia 31 tahun itu mengembuskan napas terakhir dalam keadaan tidur. Kabar meninggalnya Panji diketahui Menteri Susi pada Senin 18 Januari 2016 sekitar pukul 02.00 WIB dini hari.

Firasat sudah mulai dirasakan Menteri Susi semenjak ia merayakan ulang tahun ke-50 pada Jumat 15 Januari 2016. ‎Sebab, putra sulungnya yang berada di Negeri Paman Sam itu tak kunjung mengucapkan selamat ulang tahun kepada ibunda tercinta.

‎Berdasarkan kabar yang diterima, jenazah Panji diperkirakan tiba di Tanah Air pada Sabtu 23 Januari 2016 melalui Bandara Soekarno-Hatta. Dari sana, jenazah kemudian diterbangkan ke Pangandaran, Jawa Barat untuk dimakamkan.