Sukses

JK Kembali ke Jakarta via Darat, Kereta 'Penyapu' Disiagakan

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakhiri rangkaian liburan pergantian tahun selama 4 hari 3 malam di Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk pulang ke ibukota, JK memilih moda transportasi kereta api.

JK berangkat dari Stasiun Tugu pukul 10.00 WIB dan diperkirakan sampai di Stasiun Gambir pada  pukul 17.48 WIB.

Direktur Operasional PT KAI Bambang Eko Martono menjelaskan kereta dengan 10 gerbong ini dilengkapi dengan pengamanan khusus VVIP.

"Jadi semua stasiun, lintas-lintas tertentu yang kita anggap rawan. Rawan itu, rawan semuanya yah... biasanya kan ada lokasi rawan yang pelemparan. Itu kita jaga‎," kata Bambang, Minggu (3/1/2016).


"Kereta api luar biasa untuk VVIP itu sesuai dengan SOP yang biasa kita jalankan untuk RI 1 dan RI 2. Jadi perjalanannya khusus," tambah dia.

Untuk 'membersihkan' jalur perjalanan JK beserta rombongannya, dipersiapkan kereta khusus yang disebut sweeper.

"Nanti dia akan jalan lebih dulu, kira-kira 2 stasiun di depan kereta luar biasa ini. Untuk meyakinkan bahwa KLB ini dilalui dengan aman," tutur Bambang.

Kereta yang ditumpangi Wapres ini akan dikendarai oleh 2 pasang masinis, yaitu Ariyadi dan Iwan yang mengemudikan Lintas Yogyakarta hingga Cirebon, kemudian dilanjutkan oleh Ribut Nurohman dan Rian Budiyana pada lintas Cirebon hingga Stasiun Gambir.