Sukses

Eks Gubernur Sumut Marah Halim Harahap Wafat

Liputan6.com, Medan - Mantan Gubernur Sumatera Utara Marah Halim Harahap meninggal dunia di Rumah Sakit Permata Bunda, Kota Medan. Gubernur Sumut periode 1967-1978 ini wafat di usia 94 tahun.

Cucu Marah Halim Harahap, Muchin Pohan mengatakan, sang kakek mengembuskan napas terakhir pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB. Saat ini jenazah almarhum disemayamkan di kediamannya, Jalan Sakti Lubis Nomor 10, Kota Medan, Sumatera Utara.

"Selama ini beliau suka minta didorong keluar rumah dengan anaknya agar kena matahari. Beliau memang punya penyakit stroke, dan sudah 10 tahun belakangan dideritanya," ucap Muchin saat ditemui di rumah duka, Medan, Kamis (3/12/2015).

Ia menjelaskan, jenazah Gubernur ke-11 Sumut ini akan dimakamkan setelah salat asar. Jasad Marah Halim akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja, Medan.

"Ini masih nunggu keluarga dari luar kota, habis asar dimakamkan di Taman Makam Pahlawan," jelas Muchin.

Semasa hidup, pria kelahiran Tabusira, Tapanuli Selatan, 28 Februari 1921 ini sempat mengenyam pendidikan militer. Ia menggantikan PR Telaumbanua sebagai Gubernur Sumatera Utara.

Marah Halim juga sempat membangun bandara di tanah kelahirannya, Tapanuli Selatan. Kemudian salah satu catatan sejarah yang tidak pernah terlupa adalah turnamen sepak bola yang dicetusnya dengan nama Marah Halim Cup.

Video Populer News

Tutup Video