Sukses

Usai Dikepung Asap, Jambi Rawan Puting Beliung

Puting beliung sudah mulai merusak puluhan rumah di daerah Penyengat Rendah, Kota Jambi pada Sabtu 28 November 2015.

Liputan6.com, Jambi - ‎Sudah sekitar 1 bulan Provinsi Jambi terlepas dari bencana kabut asap seiring turunnya hujan. Namun begitu, bencana lain kini menghantui provinsi tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jambi memprediksi, Jambi berpotensi tinggi angin kencang puting beliung.

Untuk itu warga diimbau waspada. Khususnya masyarakat Kota Jambi. "Peluang hujan disertai angin kencang cukup tinggi. Intensitas ringan hingga sedang," kata prakirawan cuaca BMKG Jambi, Okta Irawan di Jambi, Selasa (1/12/2015).

Apalagi puting beliung sudah mulai merusak puluhan rumah di daerah Penyengat Rendah, Kota Jambi pada Sabtu 28 November 2015. Beruntung tak ada korban jiwa.

Okta menjelaskan, angin kencang itu disebabkan oleh kemunculan awan cumulonimbus yang cukup besar disertai hujan lebat. "Biasanya posisi anginnya berputar-putar dekat permukaan tanah," tutur Okta.

Selain mewaspadai angin kencang, warga juga diminta waspada terhadap tanah longsor, khususnya wilayah perbukitan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini