Sukses

Menko Luhut Sebut Jokowi Segera Cek Posko Evakuasi Asap di Riau

Menurut Menko Polhukam, Jokowi dijadwalkan mengecek lokasi evakuasi korban asap yang dipersiapkan Pemprov Riau untuk masyarakat.

Liputan6.com, Pekanbaru - Presiden Joko Widodo atau kerap disapa Jokowi dikabarkan bakal mendatangi Provinsi Riau lagi. Orang nomor 1 di Indonesia itu dijadwalkan mengecek lokasi evakuasi korban kabut asap yang dipersiapkan Pemerintah Riau untuk masyarakat.

Kabar ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan kepada Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat teleconference di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Rabu (28/10/2015).

Mendengar kabar itu, Plt Gubernur yang akrab disapa Andi Rachman itu mengaku gembira. Dia dengan senang hati akan menyambut Jokowi meninjau posko evakuasi korban bencana asap di Riau.

"Dengan senang hati kami akan menyambut Pak Jokowi jika berkenan mampir ke Riau lagi," ucap Andi kepada Luhut.

Baca Juga

Sebelum ke Riau, Luhut menyebut Jokowi terlebih dahulu menyambangi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi. Setelah mengecek posko evakuasi di 2 provinsi tetangga itu, Jokowi langsung terbang ke Riau.

Kunjungan kerja Presiden kali ini, lanjut Luhut kepada Andi, meninjau layak atau tidaknya tempat evakuasi yang disiapkan Pemerintah Riau.

"Sesuai instruksi Presiden beberapa waktu lalu, korban kabut asap tidak perlu dievakuasi ke luar kota. Bisa dilakukan dengan memanfaatkan rumah dinas atau kantor pemerintahan yang luas. Sediakan tempat khusus yang nyaman dengan diberi pembersih udara," kata Luhut.

Tempat evakuasi ini, sambung Luhut, diutamakan bagi ibu-ibu hamil dan balita. Kelompok rentan ini harus segara dievakuasi supaya tak terpapar kabut asap.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Riau sudah menyiapkan Balai Serindit di rumah dinas Gubernur Riau dan Gedung Dinas Pekerjaan Umum sebagai lokasi evakuasi. 2 tempat itu sudah siap dan didatangi beberapa warga.

Tak hanya di Pekanbaru, sejumlah kabupaten dan kota di Riau juga sudah menyiapkan lokasi evakuasi. Warga yang takut akan bahaya kabut asap dipersilakan datang, tanpa dipungut biaya. (Ans/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini