Sukses

Harapan Jokowi pada HUT Ke-70 TNI

Sebanyak 5.567 personel TNI mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 TNI di Dermaga Indah Kiat Cilegon, Banten, Senin (5/10/2015).

Liputan6.com, Cilegon - Sebanyak 5.567 personel TNI mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 TNI di Dermaga Indah Kiat Cilegon, Banten, Senin (5/10/2015). Mereka merupakan pasukan gabungan yang terdiri dari Perwira Menengah TNI hingga siswa taruna-taruni Akademi TNI.

Dalam perayaan ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara, sementara Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi bertindak sebagai Komandan Upacara.

"Atas nama negara, pemerintah dan pribadi, saya menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun kepada segenap anggota dan keluarga besar Tentara Nasional Indonesia di mana pun saudara berada dan bertugas," ujar Presiden Jokowi.

Ia berharap TNI menggunakan momentum HUT ke-70 TNI untuk kembali pada jati dirinya, yaitu tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional. Presiden juga mengatakan bahwa sejarah mencatat TNI dilahirkan dari rahim rakyat.

"Panglima Besar Jenderal Soedirman menyatakan bahwa hubungan TNI dan rakyat adalah ibarat ikan dan air. Ikan tidak akan hidup tanpa air. Rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI," kata Jokowi.

Ia pun meminta agar TNI selalu menjaga harmonisasi dengan rakyat dan tidak melakukan suatu hal yang melukai hati rakyat Indonesia dengan tindakan tercela. "TNI tidak boleh menyakiti hati rakyat. TNI tidak boleh berjarak dengan rakyat serta harus selalu bersama-sama rakyat," tegas Jokowi. (Mut)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.