Sukses

Hadiri Lebaran Betawi, Ahok "Dihadang" Silat Cangkrik Rawa Belong

"Pelan-pelan kalau masuk, aye malu. Aye malu sama rohnye Bang Pitung kalau ade anak Betawi kagak bisa ngaji," kata salah seorang pesilat.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menghadiri acara Lebaran Betawi tahun 1436 Hijriah di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Lebaran Betawi merupakan acara tahunan yang menjadi sarana silaturahmi warga Betawi setelah Idul Fitri.

Mengenakan busana betawi warna hitam lengkap dengan peci, Ahok hadir ditemani istrinya, Veronica Tan. Veronica terlihat cantik mengenakan kebaya merah muda. Ahok dan istri disambut ‎kesenian khas Betawi seperti silat Cangkrik Rawa Belong, Tanjidor, dan Ondel-Ondel.

Dalam sambutan tersebut, silat Betawi yang biasa dinamakan palang pintu ini juga diadu, ya‎kni kubu Ahok dan kubu Wagub Djarot Syaiful Hidayat. Tema dalam Lebaran Betawi tahun ini adalah 'Merajut Silaturahmi Menuju Kemenangan'.

"Pelan-pelan kalau masuk, aye malu. Aye malu sama rohnye Bang Pitung kalau ade anak Betawi kagak bisa ngaji. Kalau lo mau tahu, ini jurus jagoan Betawi," kata salah seorang pesilat saat menyambut Ahok di lokasi, Minggu (23/8/2015).

Dalam kesempatan tersebut, tampak pula Wagub Djarot Syaiful Hidayat. Juga hadir Sekda DKI Saefullah serta beberapa pejabat eselon II Pemprov DKI lainnya.

Dalam acara Lebaran Betawi ini hadir sejumlah perwakilan ormas Betawi seperti Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi). Tokoh Betawi yang sudah hadir antara lain Wakil Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus) Masyarakat Betawi, Zainuddin. Tampak pula hadir Ketua DPRD Prasetio Edi Mursadi. (Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.