Sukses

Terima Kongres AS, Ketua DPR Bicara Peningkatan Investasi

Pimpinan Delegasi Kongres AS Vern Buchanan mengatakan, pertemuan dengan pimpinan DPR merupakan pertemuan yang sangat baik.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto didampingi 3 Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Fahri Hamzah, Agus Hermanto menerima rombongan delegasi Kongres Amerika Serikat yang dipimpin Senator Verb Buchanan di Gedung DPR, Senayan, Minggu (16/8/2015).

Dalam pertemuan tertutup itu, Setya menjelaskan bahwa kedua belah pihak membicarakan tentang peningkatan kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat.

"Kita membicarakan hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat seperti investasi, pendidikan dan industri," kata Setya.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menambahkan, dalam pertemuan tersebut Senator AS menanyakan kenapa Indonesia tidak menganut sistem federal seperti Amerika.

"Kita dan Amerika Serikat punya banyak kesamaan. Kok bisa negara begini besar kok gak federal. Kami federal," kata Fahri menirukan pertanyaan delegasi Kongres AS.

Fahri menjelaskan, Indonesia adalah negara kesatuan yang memiliki otonomi.

"Otonomi tingkat kedua, kabupaten dan kota, ada otonomi tingkat ketiga, yakni desa. Tolong dicatat. Kami tidak federasi tapi otonomi 3 tingkat," jelas Fahri.

Pimpinan Delegasi Kongres AS Vern Buchanan mengatakan, pertemuan dengan pimpinan DPR merupakan pertemuan yang sangat baik.

"Kemarin kita sudah bertemu dengan presiden di Istana Negara. Bapak presiden akan berkunjung ke Amerika pada Oktober dan Ketua DPR pada September," tutur Vern Buchanan.

Dia menegaskan, bahwa hubungan Indonesia dan Amerika akan terus dijaga agar tercipta hubungan yang lebih baik antarkedua negara.

"Dalam kaitannya mengembangkan dan menciptakan lebih banyak lagi lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia," ujar Vern Buchanan. (Ron/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini