Sukses

Ahok Laporkan PKL Monas yang Serang Satpol PP DKI

Pemprov DKI enggan melakukan pendekatan kepada para PKL di Monas.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku sudah melapor ke polisi setelah anggota Satpol PP DKI diserang pedagang kaki lima di Monas. Satpol PP diserang PKL ketika melakukan penertiban di Monas, Rabu 17 Juni 2015 sore.

Peristiwa tersebut mengakibatkan seorang petugas Satpol PP bernama Idris Hutagaol (34) dari kesatuan Jakarta Pusat, terluka di bagian tangan.

"Sudah, saya harus lapor mereka ke polisi, ya kan? Enak aja kita yang serang enggak melanggar HAM, dia yang kena melanggar HAM," kata Ahok di Balaikota Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Pada penertiban ini, Pemprov DKI enggan melakukan pendekatan kepada para PKL di Monas. Sebab, para PKL itu jelas melanggar aturan.

"Mau pendekatan apa? Kita udah pendekatan kok, udah hitung Anda kok. Itu yang beranak pinak itu semua. Mau pendekatan apa? Kita enggak mungkin ada pendekatan kalau Anda minta bagi," jelas Ahok.

Sebelumnya, Rabu (17/6/2015), Satpol PP menertibkan PKL yang berdagang di Monas. Penertiban itu berujung bentrok. 100 Personel Satpol PP diserang ratusan PKL. Seorang petugas Satpol PP terluka di bagian tangan akibat terkena pecahan piring. (Bob/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.