Sukses

Jokowi: Pengungsi Gunung Sinabung Perlu Lahan Pertanian

Tidak hanya soal tempat tinggal, Jokowi juga menyinggung soal ketersediaan lapangan pekerjaan bagi para pengungsi Gunung Sinabung.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas dengan beberapa menteri di bawah koordinator Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Mereka membahas mengenai penanganan Pengungsi bencana Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara.

Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta agar relokasi pengungsi Gunung Sinabung bisa dipercepat. Jokowi juga mengkritik lambatnya pembangunan rumah pengungsi di kawasan tersebut. Dari 370 rumah yang sudah dibangun pemerintah, baru sekitar 130 rumah yang sudah ditempati.

"Ini perlu kita percepat sehingga para pengungsi bisa didorong untuk masuk ke lokasi relokasi," ujar Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai penanganan pengungsi Gunung Sinabung di kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Tidak hanya soal tempat tinggal, Jokowi juga menyinggung soal ketersediaan lapangan pekerjaan bagi para pengungsi.

"Artinya perlu juga lahan pertanian untuk memberikan mereka pekerjaan yang baru seperti yang sudah mereka kerjakan di tempat yang lama," ucap Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu menegaskan, masalah-masalah yang berkaitan dengan pengungsi harus segera ditangani agar semua yang ada di lapangan bisa merasakan kehadiran pemerintah. Tindakan tersebut perlu dilakukan guna mencegah jatuhnya korban akibat erupsi Gunung Sinabung yang terus berlangsung.

Tampak hadir dalam rapat terbatas soal pengungsi Sinabung itu, antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Lalu Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago, Mensesneg Pratikno, Seskab Andi Widjajanto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Kepala Staf Presiden Luhut B Pandjaitan‎. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.