Sukses

Raker dengan Komisi I DPR, Moeldoko Tidak Bahas Penggantinya

Moeldoko mengatakan, pembahasan calon panglima TNI adalah ranah presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi I DPR mengadakan rapat kerja (Raker) dengan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko. Raker yang dipimpin Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq itu dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi I, Gedung DPR Senayan, Jakarta.

Moeldoko menyampaikan, agenda raker tersebut adalah anggaran yang diterima oleh TNI, termasuk penggunaannya selama ini.

"Agendanya yang pertama, masih bicara anggaran dan program anggaran, yang diterima sampai saat ini. Soal distribusinya seperti apa," kata Moeldoko, Senin (8/6/2015).

Selain itu, Moeldoko juga akan menyampaikan perkembangan isu strategis yang terjadi secara regional dan global. "Perkembangan program kita seperti apa, berapa persen, isu strategis saat ini," kata dia.

"Bisa dilihat dari bagaimana situasi global, regional, internal sendiri dari perkembangan TNI," imbuh dia.

Moeldoko tidak menyampaikan secara gamblang pembahasan internal TNI, terutama terkait dengan posisinya yang akan jatuh tempo pada Agustus 2015. "Enggak, enggak, itu ranahnya Presiden, bukan di sini (DPR)," tandas Moeldoko.

Masa jabatan Panglima TNI Jenderal Moeldoko segera berakhir. Dia memasuki masa pensiun pada 1 Agustus 2015. Hingga kini, Presiden Jokowi belum mengumumkan nama-nama calon Panglima TNI pengganti Moeldoko.

Presiden Jokowi tidak serta-merta bisa langsung melantik Panglima TNI yang baru. Jokowi tetap harus melalui DPR dalam mengusulkan Panglima TNI pilihannya. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini