Sukses

Umat Buddha Dukung Pemerintah Lindungi Pengungsi Rohingya

Bante menegaskan, masalah kemanusiaan memang harus direspon dengan cepat dan tepat. Tidak memandang dari mana latar belakangnya.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Hari Raya Waisak 2559/2015 berlangsung semarak di Wihara Ekayana Arama. Tampak umat Buddha memadati wihara yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, itu.

Pada kesempatan ini, umat Buddha yang diwakili oleh Bante Nyanagupta berbicara tentang pengungsi etnis Muslim Rohingya yang saat ini ditampung di Aceh dan wilayah Sumatera lain.

Bante mengatakan, menyambut baik sikap pemerintah terhadap pengungsi Rohingya yang mencari perlidungan di Indonesia. Bante mendorong agar Indonesia menjadi negara terbuka yang memberikan perlindungan kepada seluruh umat manusia.

"Indonesia terbuka untuk siapapun dan pemerintah sudah lakukan dengan benar mengenai pengungsi Rohingya," ujar Bante Nyanagupta di Wihara Ekayana Arama.

Bante menegaskan, masalah kemanusiaan memang harus direspon dengan cepat dan tepat. Tidak memandang dari mana latar belakangnya, harus ditampung dan dilindungi oleh Pemerintah Indonesia.

"Bukan hanya Rohingya, namun Bangladesh juga harus dilindungi. Seperti kita pernah melindungi pengungsi Vietnam juga yang mayoritas Buddha," tutur dia, Selasa (2/6/2015).

Menurut Bante, agama Buddha dan agama lainnya selalu mengajarkan perdamaian. Dan pada perayaan Waisak kali ini, pesan yang ingin disampaikan yakni terciptanya perdamaian di seluruh dunia.

"Seperti tema Waisak tahun ini adalah dharma melindungi dunia. Jika semua manusia melakukan dharma yaitu kebenaran, maka dunia akan terlindungi dan dunia akan damai. Saya rasa itu diajarkan di semua agama," pungkas Bante. (Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.