Sukses

Elin Najar Arifin Perintis Kampung Grafis dari Magelang

Ketertarikan dalam bidang desain ini mencobanya untuk ikut lomba desain logo yang ditawarkan melalui internet.

Liputan6.com, Jakarta - Elin Najar Arifin didapuk sebagai pemenang Liputan 6 Awards SCTV 2015 dalam kategori pemberdayaan ekonomi. Dia mengalahkan Masnu'ah, Mukidin, Rusmiyati, dan Sumbodo Malik.

Pengumuman pemenang tersebut berlangsung di Studio 6 Emtek, Jakarta, Rabu (20/5/2015) malam. Ada 8 juri dalam pemilihan pemenang itu. Yaitu Komaruddin Hidayat, Ilham Akbar Habibie, Abdee Negara, Rhenald Kasali, Erna Witoelar, Daniel Dhakidae, Harsiwi Achmad, dan Imam Sudjarwo.

Elin pernah kuliah manajemen di sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Namun tidak selesai. Dia kemudian belajar desain secara otodidak.

Ketertarikan dalam bidang desain ini mencobanya untuk ikut lomba desain logo yang ditawarkan melalui internet. Setelah mencoba hingga 105 kali, ia akhirnya berhasil menjadi pemenang dan mendapat hadiah US$ 245.

Setelah mendapat hadiah dari lomba desain, Elin melihat ada peluang usaha dari keterampilan membuat desain dengan mengikuti lomba di internet. Dia melihat warga di daerahnya berpenghasilan rendah atau banyak yang tidak bekerja.

Dia pun berbagi pengalaman dengan teman-teman di desanya. Kepada mereka, dijelaskan mengenai peluang usaha dari lomba desain grafis melalui internet.

Sejumlah warga desa belajar grafis dan mengikuti lomba. Setelah melalui sejumlah lomba, ada warga yang berhasil menang dan mendapat hadiah.

Akhirnya, informasi ini menyebar dengan cepat. Warga dari berbagai kalangan usia dan latar belakang kemudian belajar desain dan mengikuti jejaknya mengikuti lomba desain.

Elin kemudian membentuk komunitas desain yang bernama Salaman Desain Community yang beranggotakan 150 orang. Kini banyak warga di Kecamatan Salaman, Magelang, Jawa Tengah, yang mendapat penghasilan ratusan hingga ribuan dolar per bulan dari desain grafis yang dipesan klien di mancanegara. (Ali/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini