Sukses

KSAL Ade Supandi Siap Gantikan Panglima TNI Moeldoko

Jenderal TNI Moeldoko bakal melepas jabatannya sebagai Panglima TNI pada pertengahan tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jenderal TNI Moeldoko bakal melepas jabatan sebagai Panglima TNI pada pertengahan tahun ini. Posisinya bakal digantikan oleh perwira tinggi TNI lainnya.

Terkait hal itu, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi menyatakan siap jika ditunjuk sebagai pengganti Moeldoko.

"Saya kan prajurit, jadi harus siap," ujar Ade di Museum Media Penerangan TNI, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (5/5/2015).

Namun ia menyerahkan pemilihan Panglima TNI nanti kepada Presiden Jokowi. Karena, kata dia, Presiden memiliki hak prerogatif dalam menunjuk nama calon panglima.

Menurut dia, pengganti Moeldoko kelak belum tentu berasal dari kalangan kepala staf yang masih aktif. "Kita serahkan ke Presiden. Tidak (harus giliran), kan semua (aturan pengangkatan Panglima) ada dalam UU Nomor 34 soal itu," ujar dia.

Undang-Undang Pasal 13 ayat 4 Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI berbunyi 'Jabatan Panglima dapat dijabat secara bergantian oleh perwira tinggi yang masih aktif dari tiap-tiap angkatan yang pernah atau sedang menjabat sebagai Kepala Staf'. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.