Sukses

Egaliter, Erick Thohir Dinilai Sosok Cawapres Idaman Milenial

Menteri BUMN Erick Thohir menjadi salah satu nama yang digadang-gadang layak menjadi Cawapres pada Pemilu 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir masuk dalam bursa calon wakil presiden (Cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo menilai, Erick Thohir sebagai figur yang disenangi masyarakat, khususnya generasi muda atau milenial. Sebagai pemilih pemula, banyak milenial melihatnya sebagai figur idaman yang bisa memimpin Indonesia.

Banyaknya kalangan milenial yang kagum dengan sosok Erick Thohir lantaran karaktersitiknya yang bersahabat dengan seluruh lapisan masyarakat.

Kinerja mentereng Erick Thohir dalam memimpin Kementerian BUMN juga turut memberikan andil besar. Mantan Presiden Inter Milan ini dinilai sebagai menteri yang punya kerja cepat dan hasil nyata.

“Karena pemilih milenial itu kan suka orang yang tidak birokratis, sosok egaliter itu ada di Pak Erick Thohir,” ujar Ari dikurip dari keterangan tertulis, Selasa (1/11/2022).

Lebih lanjut, dia menyebut bahwa selama menjadi menteri Erick Thohir terus mencatatkan torehan positif, hingga laju pergerakan pemerintahan menjadi lancar. Erick Thohir juga terbukti berhasil melakukan transformasi BUMN.

Keberhasilan Erick Thohir membantu mengungkap berbagai kasus korupsi di sejumlah BUMN juga mendapat perhatian besar dari masyarakat. Erick Thohir dinilai memiliki komitmen tinggi dalam pemberantasan korupsi.

“Kinerjanya cukup baik, sekarang kan target Pak Erick Thohir ini bagaimana mereformasi dan mentransformasi BUMN, di samping bersih-bersih,” katanya memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PPP Beri Sinyal Bakal Usung Erick Thohir di 2024

Sebelumnya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan sinyal untuk mengusung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) pada 2024.

Dukungan ini disampaikan langsung oleh Waketum PPP Arsul Sani dalam acara Seminar Nasional & Temu Tokoh Perempuan Wanita Persatuan Pembangunan (WPP) di Kantor DPP PPP, Jakarta, Senin (31/10/2022).

"Pak Erick merupakan salah satu nama yang kami di DPP terima aspirasi dari sejumlah daerah. Proses penjaringan PPP terhadap sosok yang akan diusulkan itu kan memang melalui proses dari bawah," ujar Arsul.

Arsul menyebut usulan terhadap Erick Thohir datang dari sejumlah pengurus PPP di daerah, mulai dari Jawa Timur, Sulawesi Tengah, hingga Riau. Arsul menyampaikan deklarasi paslon yang diusung PPP nantinya akan diajukan kepada partai koalisi.

"PPP kan tidak bisa sendirian, nanti kita koordinasikan dengan partai koalisi. PPP akan mengadakan Mukernas. Bisa saja kami tidak keluarkan satu nama capres dan cawaprws karena harus dibawa ke koalisi, perlu beberapa nama supaya ruang musyawarah terbuka lebar," lanjutnya.

Saat menjadi narasumber acara tersebut, Arsul berulangkali melempar kode untuk mengusung Erick. Hal ini mendapatkan tanggapan positif dari para kader partai. Menurut Arsul, kinerja Erick dalam membenahi BUMN menjadi bukti nyata kepemimpinan yang bai untuk Indonesia ke depan.

"Yang terhormat, Mas Menteri BUMN, Mas Erick Thohir. Kalau dari apa yang tadi disampaikan singkat padat ini saya kira cocok jadi capres atau cawapres ini," ucap Arsul disambut dukungan para kader di lokasi.

Bahkan, Arsul juga menanyakan kesiapan Erick apabila benar diusung PPP jadi capres yang disambut teriakan setuju para kader partai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.