Sukses

Pesawat F-16 Terbakar Sudah Dievakuasi ke Hanggar Lanud Halim

Tindakan pilot membatalkan terbang sudah tepat sesuai dengan prosedur, namun memang bahan bakar pesawat F-16 sedang penuh sehingga terbakar.

Liputan6.com, Jakarta - Badan pesawat F-16 TNI Angkatan Udara (AU) dengan tail number TS1643 dengan pilot Letnan Kolonel Penerbang Firman yang pagi sekitar pukul 08.20 tadi terbakar di ujung Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma Jakarta akhirnya dievakuasi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (16/4/2015), pesawat F-16 dievakuasi dengan menggunakan alat berat menuju hanggar di Kompleks Lanud Halim.

Kepala staf TNI AU Marsekal Agus Supriatna yang juga penerbang pesawat F-16 menegaskan kecelakaan itu murni akibat mesin yang terbakar saat pesawat hendak lepas landas bukan karena kesalahan manusia (human error).

Tindakan pilot membatalkan untuk terbang sudah tepat sesuai dengan prosedur. Namun memang bahan bakar pesawat sedang penuh sehingga terbakar.

Terkait insiden terbakarnya mesin pesawat F-16 yang merupakan hibah dari Amerika Serikat dan memperkuat armada pertahanan udara pada September 2014 lalu, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla memerintahkan pengecekan menyeluruh terhadap semua F-16 yang berasal dari hibah.

Lebih lanjut, Wapres Jusuf Kalla menegaskan pesawat F-16 adalah buatan tangan manusia yang bisa saja cacat, apalagi buatan tahun 1980 dan juga sudah bekas pakai. (Vra/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.