Sukses

DPR Setujui Komjen Pol Badrodin Haiti Sebagai Kapolri

Usai mendapat persetujuan anggota dewan, Fadli Zon mempersilakan Badrodin Haiti maju ke mimbar untuk diperkenalkan kepada anggota dewan.

Liputan6.com, Jakarta - DPR menyetujui Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti menjadi kepala Polri. Persetujuan tersebut diambil dalam rapat paripurna yang digelar Kamis (16/4/2015) sore.

Rapat paripurna mengagendakan laporan Komisi III DPR dalam rangka penggantian calon Kapolri sebelumnya yang dilanjutkan dengan pengambilan keputusan paripurna dari Komjen Pol Budi Gunawan ke Komjen Pol Badrodin Haiti.

Laporan mengenai hasil uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test dibacakan Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin di depan mimbar paripurna. Pembacaan hasil fit and proper test kemudian dilanjutkan persetujuan anggota DPR yang dipimpin Wakil Ketua DPR Fadli Zon.
‎
"Apakah laporan Komisi III DPR RI dalam rangka penggantian cakapolri disetujui ke Komjen Pol Badrodin Haiti?" tanya Fadli kepada 288 anggota dewan yang hadir.

"Setuju," jawab mereka serempak.

Usai mendapat persetujuan anggota dewan, Fadli Zon mempersilakan Badrodin Haiti maju ke mimbar untuk diperkenalkan kepada anggota dewan. "Saya perkenalkan Kapolri terpilih Komjen Pol Badrodin Haiti," ujar Fadli yang dilanjutkan dengan berfoto bersama antara pimpinan DPR dengan cakapolri yang disetujui DPR.

Dengan demikian, Komjen Pol Badrodin Haiti saat ini hanya tinggal menunggu dilantik Presiden Jokowi menjadi Kapolri.

>>Visi Misi Badrodin Haiti>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Visi Misi Badrodin Haiti

Visi Misi Badrodin Haiti

Calon tunggal Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti menyampaikan visi dan misinya dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR. Di hadapan para wakil rakyat itu, Badrodin menyatakan keseriusannya memberantas nepotisme dalam perekrutan anggota Polri.

Dia juga berjanji akan meningkatkan kesejahteraan jajaran kepolisian. "Serta, beberapa program pimpinan Polri sebelumnya pada tanggung jawab mengemban amanat sebagai pimpinan Polri selanjutnya," kata Badrodin.

Jenderal Bintang 3 tersebut juga berencana mereformasi jajaran Polri. Terutama di bidang sumber daya manusia, prasaran, dan anggaran. "Melaksanakan revolusi mental dan berantas kejahatan sebagai tugas Polri," ucap pria berkumis itu.

Selain itu, demi efisiensi biaya dan tenaga, pria yang masih menjabat sebagai Wakapolri itu juga akan melaksanakan seleksi perwira, brigadir, dan tamtama secara serentak untuk menghemat biaya, waktu, dan tenaga.

Berikut 8 misi Badrodin Haiti sebagai calon tunggal Kapolri yang diserahkannya kepada Komisi III DPR:

1. Pemantapan soliditas Polri
2. Melaksanakan revolusi mental Polri dan meningkatkan pengawasan
3. Memperkuat pencegahan kejahatan
4. Memacu terbentuk postur Polri yang dominan sebagai pelayan
5. Meningkatkan pelayanan
6. Mengetahui gangguan kemanan dan ketertiban nasional (Kamtibnas)
7. Menyelesaikan masalah sosial Kamtibnas
8. Meminimkan 4 jenis kejahatan

(Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.