Sukses

Erick Thohir Dinilai Sosok Harapan Baru untuk Memimpin Indonesia

Erick Thohir dinilai memiliki rekam jejak profesional dan kemampuan manajerial yang baik serta cerdas dalam mengambil langkah strategis pada setiap institusi yang dipimpinnya. Hal ini menjadi magnet bagi partai untuk mengusung Erick Thohir di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Analis Perfekto untuk Indonesia, Fakhrul Radhi menilai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merupakan sosok pemimpin baru pembawa angin segar dalam perubahan yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pemerintahan.

Hal ini kemudian menjadi daya tarik masyarakat untuk mendukung salah satu menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini dalam menatap Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Erick Thohir sosok baru dalam dunia politik dan pemerintahan serta menjadi harapan baru dengan berbagai gebrakan dan inovasi, figur seperti inilah yang kemudian disukai oleh pemilih saat ini,” kata Fakhrul, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (15/3/2023).

Seperti diketahui, Erick Thohir banyak melakukan gebrakan dan inovasi di Kementerian BUMN. Berbagai gebrakan dan inovasi yang dilakukan Erick Thohir dapat membuat perusahaan-perusahaan pelat merah menjadi lebih dekat dengan masyarakat.

Saat ini perusahaan BUMN aktif membantu dan membina masyarakat untuk mendirikan UMKM melalui berbagai program, di antaranya Mekaar, Makmur, Solusi Nelayan, Kartu Tani Digital, Santripreneur, Pesantrenpreneur, Rumah BUMN, Sembrani Fund, dan Merah Putih Fund.

Terobosan ini pun menjadikan pergerakan ekonomi masyarakat dan negara tumbuh bersama, sehingga perekonomian Indonesia diramalkan akan terus konsisten di angka 5 persen dalam 10 tahun ke depan.

Selain itu, Erick Thohir juga berhasil membuat Kementerian BUMN menjadi lebih menguntungkan dengan mencetak kenaikan laba setiap tahunnya. Laba BUMN terus meningkat dari Rp13 triliun di tahun 2020 menjadi Rp124,7 triliun pada 2021. Kemudian di tahun 2022, laba tercatat sebesar Rp303,7 triliun.

Karenanya, Fakhrul melihat Erick Thohir sebagai figur pemimpin masa depan yang diharapkan masyarakat Indonesia. Maka tak heran sejumlah parpol meliriknya untuk diusung di Pilpres 2024 mendatang.

“Erick Thohir memiliki rekam jejak profesional dan kemampuan manajerial yang baik serta cerdas dalam mengambil langkah strategis pada setiap institusi yang dipimpinnya. Hal ini menjadi magnet bagi partai untuk mengusung Erick Thohir,” ucap Fakhrul menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Dinilai Kepincut Visi Recovery Ekonomi Erick Thohir

Sebelumnya diberitakan, Pengamat Politik Adi Prayitno menyatakan bahwa BUMN Erick Thohir banyak memiliki daya tarik untuk dipinang sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Seperti halnya yang membuat Partai Amanat Nasional (PAN) kepincut dan menyatakan bahwa salah satu menteri andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut patut menjadi orang nomor dua di Indonesia.

Adi mengatakan, daya tarik yang dimiliki Erick Thohir tidak melulu soal logistik. Kendati tidak dipungkiri logistik merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam Pemilu, namun masih banyak faktor lain yang menentukan.

Misalnya soal kesamaan visi dan misi yang dimiliki antara partai pengusung dan figur yang diusung. Adi melihat, Erick Thohir memiliki kesamaan visi dan misi dengan PAN dalam hal melakukan recovery ekonomi untuk Indonesia ke depan.

“Erick Thohir menjadi variable terkait kesamaan visi dan misi recovery ekonomi nasional, terkait logistik tidak muncul ke permukaan, namun karena punya visi ekonomi dengan PAN,” terang Adi kepada wartawan, Selasa (28/2/2023).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini juga menjelaskan bahwa Erick Thohir menjadi penegasan bagi PAN yang mengambil sikap tegak lurus kepada Presiden Jokowi.

Baik PAN dan Erick Thohir juga merupakan bagian dari koalisi pemerintahan yang menginginkan diteruskannya pembangunan yang sudah dilakukan oleh Presiden Jokowi.

“Presiden Jokowi terlihat begitu happy. Jika PAN mengusung figur di luar inner circle Presiden Jokowi, tentu presiden tidak akan sesumringah itu,” kata Adi memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.