Sukses

Tak Ada Pelantikan di Istana Malam Ini

Sebelumnya Presiden Jokowi berjanji secepatnya akan menentukan sikap bila telah keluar putusan Praperadilan Budi Gunawan.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengenai rencana Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri malam ini tampaknya hanya sekadar kabar burung belaka. Sebab hngga malam dini hari ini, tanda-tanda Presiden akan melantik Budi Gunawan tampak tidak terlihat.

Setelah melakukan agenda kerja di Istana Bogor, Jawa Barat, pada sore harinya, Presiden Jokowi langsung bertolak kembali ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Di istana, Jokowi terlihat hanya bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Setelah itu, sejak petang hingga dini hari, Presiden tidak lagi terlihat menerima tamu. Tidak terlihat adanya tanda-tanda adanya acara pelantikan di lingkungan istana.

Sumber Liputan6.com mengatakan, usai bertemu Paloh, pada malam harinya, Presiden langsung bertolak ke Istana Bogor dan akan bermalam di sana.  Pada pagi harinya, Presiden dijadwalkan akan kembali melakukan pertemuan dengan para Walikota dari beberapa provinsi.

Terkait teka-teki kapan pelantikan akan dilakukan, Sekertaris Kabinet Andi Widjajanto enggan memberikan kepastian apapun. Ia pun mengaku menyerahkan keputusan tersebut kepada presiden.

"Ya silakan ditanyakan ke Pak Presiden. ‎Silakan tanya presiden. Presiden punya kalkulasi sendiri. Itu kalkulasinya Presiden," ujar Andi di Kantor Kemensesneg, Jakarta Pusat, Selasa (17/2/2015).

Saat ditanya, mengapa presiden hingga kini belum mengambil sikap terkait pemilihan Kapolri baru, padahal sebelumnya Presiden Jokowi berjanji secepatnya akan menentukan sikap bila telah keluar putusan Praperadilan Budi Gunawan, Andi pun kembali melemparnya kepada Presiden.

"‎Itu saya tidak tahu, bisa diputuskan presiden kapan saja.‎ Kalau hari ini (Kapolri dilantik malam ini), saya nggak ngurusin itu," kata dia.

Andi beranggapan, belum diputuskannya sikap terkait penetapan Kapolri lantaran masih adanya pertimbangan-pertimbangan tertentu yang harus pikirkan oleh presiden Jokowi. "Tentunya masih ada hal yang yang masih dipertimbangkan presiden. Ditungggu saja presiden keputusannya," ucapnya.

Terkait munculnya kabar lain yang menyebut kalau Presiden akan melantik Komjen Budi Gunawan besok pagi, Andi pun kembali enggan menjawabnya. Ia mengaku urusan jadwal mengenai agenda kegiatan presiden merupakan bagian protokoler Istana.

"Kalau masalah itu yang tanggungjawab Mensesneg, protokoler Istana. Saya tidak ketahui hal itu. Saya belum ketemu hari ini," tandas Andi Widjajanto. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.

    Budi Gunawan

  • istana

Video Terkini