Sukses

Koalisi Merah Putih Dinilai Ambil Untung dari Kebimbangan Jokowi

"Koalisi Merah Putih juga ternyata memainkan peristiwa politik ini," kata pengamat politik Alfan Alfian.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang sebelumnya diusung Koalisi Merah Putih (KMP) dalam Pilpres 2014, dinilai mendapatkan keuntungan dari kebimbangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri. Hal ini diungkapkan pengamat politik Alfan Alfian.

"Koalisi Merah Putih juga ternyata memainkan peristiwa politik ini," tandas Alfan di Jakarta, Minggu (1/2/2015).

Menurut dia, dengan sikap seakan memeluk Jokowi, KMP sesungguhnya sedang bergerilya mendongkrak kredibilitas politiknya di mata rakyat. Selain itu, situasi politik yang dinamis ini pun merupakan kesempatan emas KMP untuk menunjukkan mereka pro-rakyat.

"(peristiwa politik) Ini sebagai kredit poin politik untuk meningkatkan daya tawar pengaruhnya kepada masyarakat," jelas Alfan.

Pada Kamis 29 Januari lalu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menemui Presiden Jokowi di Istana Bogor. Hanya beberapa jam setelah Prabowo bertemu dengan Jokowi, sejumlah politisi parpol yang tergabung dalam KMP langsung menggelar rapat di Kantor Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali Aburizal Bakrie di Gedung Epicentrum, Kuningan, Jakarta, pada sore harinya.

Prabowo yang hadir dalam rapat tersebut membenarkan akan menyampaikan ke pimpinan parpol KMP mengenai hasil pertemuannya dengan Jokowi. "Tentu saya akan ceritakan intisari pertemuan dengan Presiden," ujar Prabowo Subianto pada Kamis malam. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini