Sukses

Walikota Jakarta Barat Siap Tertibkan Lokalisasi Kalijodo

Selain prostitusinya, sejumlah permukiman liar di lokalisasi Kalijodo yang terletak di antara 2 wilayah juga akan digusur.

Liputan6.com, Jakarta - Walikota Jakarta Barat Anas Effendi siap menertibkan kawasan lokalisasi Kalijodo bulan ini. Lokalisasi ini berada di antara wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Ada 6 rukun tetangga (RT) yang masuk di wilayah Jakarta Barat.

"Kalijodo kita siap. Cuma setengah area Jakbar. Sisanya Jakarta Utara," ujar Anas saat menerima kunjungan Wagub DKI Djarot Saiful Hidajat, di kantor Walikota Jakarta Barat, Kamis (8/1/2015).

Mantan Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan DKI Jakarta ini mengatakan, sampai saat ini, pihaknya sudah selesai mendata jumlah kepala keluarga (KK) serta aset tanah di kawasan tersebut. Sehingga tahap selanjutnya adalah pelaksanaan penertiban.

Namun, Pemkot Jakbar masih menunggu kepastian dari dinas terkait. Apakah kawasan Kalijodo yang akan ditertibkan itu akan diperuntukkan sebagai ruang terbuka hijau (RTH) atau yang lainnya.

"Tinggal peruntukannya, apakah RTH. Kapan dilaksanakan kita siap tertibkan. Kalau hak milik kita ganti rugi," kata Anas Effendi.

Selain prostitusinya, sejumlah permukiman liar di lokalisasi yang terletak di antara wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara itu juga akan ikut digusur.

"Kalijodo kita mau tertibkan. Januari target dibersihin," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DKI Saefullah pada November lalu.

Penertiban Kalijodo itu berdasarkan surat dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bahwa di tempat itu yang merupakan permukiman warga tidak layak untuk lokasi prostitusi. Sebab, akan berbahaya bagi mental dan pendidikan anak-anak di wilayah Kanal Banjir Barat tersebut. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini