Sukses

Gempa 6,1 SR Guncang Halmahera Barat

Gempa ini tidak memicu terjadinya bencana tsunami. Masyarakat Halmahera Barat, Maluku Utara juga tetap melakukan aktivitas normal.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Indonesia. Kali ini menggetarkan wilayah Halmahera Barat, Maluku Utara pada pukul 18.34 WIB dengan kekuatan 6,1 skala Richter di kedalaman 10 kilometer di bawah laut.

"Gempa 6,1 skala Richter dirasakan lemah, tidak ada kerusakan bangunan atau korban," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/12/2014) malam.

Sutopo menjelaskan, pusat gempa ini berada di 2,13 Lintang Utara dan 126,63 Bujur Timur, atau berjarak sekitar 132 kilometer barat laut dari Halmahera Barat, Maluku Utara.

Gempa ini juga, menurut Sutopo, tidak memicu terjadinya bencana tsunami. Masyarakat sekitar juga tetap melakukan aktivitas seperti biasa. "Gempa terasa lemah hingga sedang, kurang lebih 3 - 4 detik," jelas Sutopo. (Rmn/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini