Sukses

Gempa Goyang Jayapura Saat Warga Tertidur Lelap

Warga keluar rumah sambil menggendong dua anaknya akibat goncangan gempa yang dirasakan cukup lama.

Liputan6.com, Jayapura - Gempa mengguncang Kota Jayapura dan sekitarnya. Kekuatan gempa 5.1 skala Richer terjadi di 16 km barat laut Kabupaten Jayapura. Gempa terjadi sekitar pukul 00.08 WIT disaat sebagian warga Kota Jayapura dan sekitarnya tertidur lelap.

"Guncangan gempa terasa kuat sekali, kebetulan rumah kami terletak di atas perbukitan dan guncangannya sangat kami rasakan," kata Lina, warga Kota Jayapura, Selasa (9/12/2014) dini hari.

Lina mengaku dirinya dan keluarga telah terlelap tidur, namun guncangan gempa dapat membangunkan seisi rumah. "Kaca-kaca, tembok dan pintu serasa ikut berguncang, hingga terdengar gesekan bunyi-bunyinya," ujar dia.

Fidel (42) warga Kotaraja menyebutkan, dia terpaksa keluar rumah sambil menggendong 2 anaknya akibat guncangan gempa yang dirasakan cukup lama ini. "Ada lebih dari 5 detik guncangannya, sangat kuat hingga menyebabkan saya lari keluar rumah dengan menggendong anak-anak," kata dia.

Sejumlah warga Perumnas III Waena Jayapura juga berlarian keluar rumah, sambil berteriak meneriakkan bacaan-bacaan Kitab Suci. "Ini gempa yang kuat sekali. Pasti lokasinya dekat dengan Jayapura," ujar warga setempat, Jono.

Data BMKG setempat menyebutkan, lokasi gempa terjadi sekitar 2.46 lintang selatan dan 140.42 bujur timur serta kedalaman gempa15 kilometer. Gempa dapat dirasakan hingga ke wilayah Kabupaten Sarmi dan Kota Jayapura.

"Belum ada kerusakan dan gempa susulan dalam laporan kami," ujar salah satu petugas BMKG setempat. (Ali/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini