Sukses

Haji Koboi Tetap Padati Musim Haji Tahun Ini

Disebut haji koboi karena tak mengantongi izin dari pemerintah Arab Saudi.

Liputan6.com, Arab Saudi - Ribuan jemaah haji, baik yang sendirian, berkelompok, bahkan membawa keluarga dengan anak-anak yang masih kecil tertidur pulas di sepanjang pinggir jalan kawasan Mina, Mekkah, Arab Saudi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (7/10/2014), nyaris tak ada celah yang tidak dimanfaatkan untuk beristirahat, meski sampah berserakan di sekitar mereka.

Para jemaah haji itu kelelahan usai menjalani rukun haji dan beristirahat untuk kembali melaksanakan rukun selanjutnya hingga ibadah haji yang dijalani sempurna.

Pada umumnya, mereka adalah para jemaah haji dari Pakistan, Bangladesh, India, dan Afghanistan. Namun tak sedikit pula dari Indonesia yang rata-rata adalah TKI.

Para jemaah haji yang sepert itu disebut dengan 'haji koboi' karena tak mengantongi izin dari pemerintah setempat. Mereka pun tak terdaftar di penginapan.

Meski tak memiliki izin resmi dari Pemerintah Arab Saudi, para jemaah itu tetap nekad untuk menjalankan ibadah haji dan juga tanpa didukung dana yang cukup.

Walaupun pihak Pemerintah Arab Saudi sudah banyak berjaga, tetap saja haji koboi yang mengikuti haji pada setiap tahunnya. (Ein)

Baca Juga:

Inilah Museum Assalamualika Ayuha Annabi di Mekkah

Jalankan Wukuf Sebagai Sah dan Lengkapnya Ibadah Haji

Jemaah Haji Wukuf di Padang Arafah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini