Sukses

Cara Food Vlogger Clara Monica Bantu UMKM Bisa Laris dan Dikenal Masyarakat

Salah satu food vlogger adalah Clara Monica yang punya misi untuk mempromosikan para pelaku UMKM lewat konten yang diunggahnya di platform sosial media.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, food vlogger menjadi salah satu profesi yang banyak dipilih anak-anak muda. Dengan mudahnya di sosial media seperti Instagram, TikTok, hingga YouTube, kita bisa keberadaan mereka.

Kehadiran para food vlogger sedikit banyak membantu untuk mendapatkan rekomendasi makanan enak. Tetapi, tidak jarang pula keberadaan mereka membantu roda perekonomian para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Salah satu food vlogger adalah Clara Monica yang punya misi untuk mempromosikan para pelaku UMKM lewat konten yang diunggahnya di platform sosial media Instagram dan TikTok @clara.monicaa serta YouTube. Lewat unggahannya, ia turut membantu UMKM dalam melakukan pemasaran.

Clara mulai menjadi content creator media sosial sejak 2020. Kala itu, pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Kondisi tersebut membuat aktivitas usaha UMKM terdampak. Banyak yang akhirnya gulung tikar lantaran usaha semakin sepi.

"Sudah seharusnya produk UMKM semakin dikenal lebih luas lagi. Hal itu terus saya lakukan sejak 2020 awal hingga sekarang," ujar Clara yang juga pemilik #YukCobaYuk yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Rabu (25/10/2023).

Wanita kelahiran Tangerang ini membagikan berbagai rekomendasi dan juga informasi kepada seluruh pengikutnya. Terutama, mempromosikan kuliner dari pelaku UMKM yang layak dan lezat untuk dinikmati.

Banyak followers Clara yang kemudian mendapatkan rekomendasi makanan enak, hingga 'hidden gems' tempat kuliner menarik mana untuk dicoba. Apalagi menurutnya, ada banyak kuliner yang menarik untuk dikulik.

Clara merasa untuk memberikan berbagai rekomendasi dan bersyukur ketika bisa memberikan dampak positif terhadap UMKM yang direkomendasikan.

"Saya senang dapat menghasilkan konten-konten yang bermanfaat untuk banyak orang," ucap Clara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagikan Rekomendasi Kuliner Luar Negeri

Meski begitu, Clara tetap tidak lupa untuk menampilkan sesuatu yang serba kekinian. Clara juga aktif mempelajari dan juga menelusuri lebih lanjut hal-hal viral. Kemudian, mengembangkan kontennya agar dapat menarik lebih banyak orang lagi.

Sejauh ini, Clara sudah memiliki 3 juta lebih pengikut di akun sosial media Clara.

"Saya juga membagikan berbagai rekomendasi kuliner tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga berbagai kuliner dari luar negeri," jelas Clara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.