Sukses

KPK Tentukan Nasib Rachmat Yasin Cs Malam Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Bogor Rachmat Yasin beserta 3 orang lainnya yang ditangkap KPK hingga kini masih diperiksa secara intensif. Mereka diduga korupsi izin rancangan umum tata ruang (RURT) di kawasan Bogor-Puncak-Cianjur.

Menurut Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, pemeriksaan terhadap keempat 'tangkapan' lembaganya itu dalam waktu dekat selesai. Dan kemudian akan dilanjutkan dengan gelar perkara untuk menentukan status hukum mereka.

"Proses pemeriksaan sudah hampir selesai dan kemudian akan dilakukan ekspose lebih dulu sebelum menentukan statusnya," ujar Bambang Widjojanto dalam pesan singkatnya di Jakarta, Kamis (8/5/2014).

Sementara itu, Juru Bicara KPK Johan Budi memprediksi penentuan status Rachmat Yasin Cs oleh lembaganya akan selesai paling lama malam nanti.

"Yang bersangkutan baru ditetapkan setelah diperiksa paling lama 1x24 jam. Dan sampai saat ini masih diperiksa," kata Johan.

Sebelumnya, petugas KPK mengamankan Rachmat Yasin bersama ajudannya, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor Muhammad Zairin, serta pihak swasta bernama Franciskus Xaverius Yohan pada Rabu 7 Mei malam.

Dalam penangkapan itu, petugas KPK juga menyita uang miliaran rupiah yang diduga merupakan berkaitan dengan izin rancangan umum tata ruang (RURT) di kawasan Bogor-Puncak-Cianjur.