Sukses

Masyarakat Galang Dana untuk TKI Satinah

Berbagai aksi kepedulian terhadap Satinah yang terancam hukuman pancung di Arab Saudi terus digelar masyarakat di berbagai daerah.

Liputan6.com, Kediri - Berbagai aksi solidaritas dilakukan masyarakat untuk Satinah yang terancam hukuman pancung di Arab Saudi. Salah staunya yang dilakukan oleh pelajar SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Jawa Timur, yang melakukan doa bersama dan mengumpulkan uang untuk disumbangkan pada Satinah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (27/3/2014), Satinah yang merupakan TKW asal Semarang, Jawa Tengah, itu bisa terlepas dari hukuman pancung bila membayar diyath atau uang tebusan kepada keluarga korban sebesar Rp 25 miliar.

Aksi solidaritas juga ditunjukkan vokalis Setia Band, Charly Van Houten saat mendatangi Ponpes Queen Ploso, Kediri, Jawa Timur. Kehadiran Charly di Kediri tak lain adalah untuk menggalang dana buat menyelamatkan Satinah yang terancam hukuman pancung di Arab Saudi.

Ide untuk menggalang dana juga digagas penyanyi Melanie Subono melalui akun twitter-nya. Namun ajakan untuk mengirim dana itu mulai dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya pemerintah pernah menyelamatkan Darsem dari ancaman hukuman pancung. Darsem bebas setelah pemerintah membayar uang diyat sebesar Rp 4,7 miliar. Darsem juga menerima uang Rp 1,2 milaran sumbangan dari masyarakat.

Selain Satinah, saat ini ada lebih dari 265 TKI yang terancam dihukum mati di sejumlah negara seperti di Arab Saudi dan Malaysia. Sebagian besar mereka terlibat kasus pembunuhan dan narkoba.

Lihat juga:
[VIDEO] Kasus Satinah, SBY Kembali Kirim Surat ke Raja Arab Saudi
[VIDEO] Apa Kabar TKI Darsem yang Lolos Hukuman Pancung?
Beberapa Pengusaha Janji Ikut Saweran Diyat untuk Satinah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini