Sukses

Bupati Kubu Raya Dilantik

Pasangan Bupati-Wakil Bupati Kubu Raya terpilih, Muda Mahendrawan dan Andreas Muhrotien, dilantik. Setelah melalui dua putaran, mereka akhirnya menyisihkan tujuh pasangan lainnya.

Liputan6.com, Pontianak: Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, Selasa (17/2), melantik Muda Mahendrawan dan Andreas Muhrotien sebagai pasangan Bupati-Wakil Bupati Kubu Raya Periode 2009-2014. Keduanya maju dalam Pilkada Kubu Raya melalui jalur perseorangan. Setelah melalui dua putaran, mereka akhirnya menyisihkan tujuh pasangan lainnya.

Pada putaran pertama, Muda-Andreas meraih suara terbanyak namun tidak mencapai syarat minimal pemenang Pilkada. Mereka kemudian maju ke putaran kedua bersama pasangan Sujiwo-Raja Sapta Oktohari. Di putaran kedua, Muda-Andreas kembali meraih suara terbanyak. KPU Kabupaten Kubu Raya kemudian menetapkan suara pasangan calon nomor urut delapan tersebut sebesar 124.738 suara. Sementara Sujiwo-Raja Sapta Oktohari sebanyak 90.338 suara.

Sujiwo dan Raja Sapta Oktohari mengajukan keberatan terhadap penetapan tersebut dengan dalil terjadi pelanggaran-pelanggaran, termasuk adanya pelanggaran pidana yang dilakukan Tim Kampanye Muda-Andreas. Gugatan diajukan ke Mahkamah Konstitusi. Pelantikan yang semula dijadwalkan 22 Januari 2009, akhirnya ditunda.

Mahkamah Konstitusi dalam sidang di Jakarta, Senin (19/1), menyatakan sekalipun terdapat pelanggaran yang bersifat administratif dalam penyelenggaraan Pilkada Kubu Raya, tidak berpengaruh signifikan terhadap perolehan suara pasangan calon terpilih.(TES/ANTARA).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini