Sukses

Filipina Batalkan Perjanjian Damai dengan MILF

Perjanjian damai yang menetapkan pembentukan satu tanah air muslim di Mindanao dibatalkan pemerintah Filipina. Sebelumnya, pemimpin Kristen lokal menentang perjanjian itu.

Liputan6.com, Manila: Pemerintah Filipina membatalkan perjanjian damai yang kontroversial dengan minoritas muslim di wilayah selatan. Demikian diungkapkan Istana Kepresidenan di Manila, Kamis (21/8). "Pembatalan Memorandum Perjanjian mengenai Tanah Air Leluhur (MOA-AD) itu adalah satu tindakan yang menyakitkan," kata juru bicara presiden Lorelei Fajardo.

Fajardo mengatakan, Presiden Gloria Macapagal Arroyo mengerti dan menyadari keberatan-keberatan para pemimpin Kristen lokal yang menentang perjanjian itu. Perjanjian yang ditanda tangani bulan lalu dengan Front Pembebasan Islam Moro (MILF), menetapkan pembentukan satu tanah air muslim di Mindanao.

Namun, perjanjian itu dianggap para politisi sebagai tidak konstitusional. Sementara warga Kristen yang tinggal di Mindanao turun ke jalan-jalan memprotes perjanjian itu sebagai satu pengkhianatan.(ADO/ANTARA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini