Sukses

Presiden Instruksikan Thaib Armaiyn Segera Dilantik

Pelantikan pasangan Thaib Armaiyn-Abdul Gani Kasuba sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara merupakan instruksi Presiden. Pelantikan diharapkan bisa menghentikan konflik rakyat Maluku Utara dan pemerintahan bisa berjalan.

Liputan6.com, Jakarta: Juru bicara presiden Andi Mallarangeng mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan agar gubernur Maluku Utara dapat segera dilantik sehingga pemerintahan bisa berjalan. Presiden juga berharap pelantikan bisa menghentikan konflik rakyat Maluku Utara. Demikian dikatakan Andi di Jakarta, Senin (29/9).

Andi menambahkan, semua warga diharapkan bisa menerima pemimpin yang baru. Sementara segala bentuk kekacauan yang disebabkan masyarakat yang tak puas akan diserahkan kepada aturan hukum.

Kemarin siang, pasangan Thaib Armaiyn-Abdul Gani Kasuba dilantik Menteri Dalam Negeri Mardiyanto sebagai gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara di Gedung DPRD setempat. Pelantikan hanya dihadiri 14 dari 35 anggota DPRD.

Mendagri meminta masyarakat dapat memahami keputusan pemerintah. Soal adanya upaya hukum dari kubu Abdul Gafur, Mardiyanto menyatakan pemerintah siap bertanggung jawab.

Pelatikan ini dijaga ratusan aparat polisi. Pasalnya, sejak pagi ratusan pendukung Gafur dari berbagai pelosok Kota Ternate berusaha mendatang gedung DPRD setempat. Dalam aksinya, mereka sempat merusak atribut Partai Demokrat. Tak hanya itu, massa juga melempari kantor dinas pendapatan daerah [baca: Pendukung Gafur Tolak Pelantikan].(BOG/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.