Sukses

Sunan Drajat, Ahli Ukir dan Jago Gamelan

Sunan Drajad termasuk sunan yang punya jiwa seni tinggi. Selain terkenal sebagai ahli ukir, dalam menyebarkan Islam, Sunan Drajat kerap menggunakan gamelan Jawa. Karyanya yang masih disukai masyarakat Jawa sampai kini yaitu gending pangkur.

Liputan6.com, Lamongan: Setiap sunan atau wali yang menjadi penyebar agama Islam di Pulau Jawa memiliki tata cara sendiri dalam berdakwah. Biasanya wali memasukkan budaya lokal dalam muatan dakwah sehingga cepat diterima masyarakat. Salah satu yang kerap melakukannya adalah Sunan Drajat.

Sunan Drajad termasuk salah satu sunan yang punya jiwa seni tinggi. Selain terkenal sebagai ahli ukir, dalam menyebarkan Islam, Sunan Drajat seringkali menggunakan gamelan Jawa. Salah satu karyanya yang masih disukai masyarakat Jawa sampai saat ini yaitu gending pangkur.

Makam Sunan Drajad ada di Desa Drajad, Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Untuk mencapai ke pelataran makam Sunan Drajat harus menaiki bukit yang cukup tinggi. Selama perjalanan, akan melewati beberapa gerbang yang bertuliskan ajaran-ajarannya terutama memberi terhadap sesama.(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.