Sukses

Empat Gubernur Mengikat Kerja Sama dengan Menkes

Kerja sama terkait percepatan pemenuhan tenaga dokter spesialis di masing-masing provinsi. Pada tahun 2002, program tersebut sudah berjalan di Nanggroe Aceh Darussalam dan Nusatenggara Timur.

Liputan6.com, Jakarta: Empat gubernur menandatangani kerja sama dengan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari terkait percepatan pemenuhan tenaga dokter spesialis di masing-masing provinsi, Rabu (27/4). Empat gubernur itu masing-masing Gubernur Sumatra Barat Zainal Bakar, Gubernur Jambi Sudarsono, Gubernur Kalimantan Barat Usman Jafar dan Gubernur Kalimantan Timur Suwarna Abdul Fatah.

Percepatan dilakukan melalui pendidikan dokter spesialis berbasis kompetensi yang dinilai lebih efektif dibanding pendidikan reguler. Lewat kerja sama ini, calon dokter spesialis bisa menjalani proses pendidikan di daerah masing-masing. Sementara pelaksanaan pendidikan dilakukan puluhan perguruan tinggi di bawah koordinasi kolegialitas antara ilmu kedokteran spesialistis bekerja sama dengan rumah sakit umum di tiap daerah.

Pada 2002, program ini sudah berjalan di Nanggroe Aceh Darussalam dan Nusatenggara Timur. Diharapkan dalam lima tahun ke depan, Indonesia mampu memenuhi kebutuhan dokter spesialis, terutama spesialis dasar seperti anak, penyakit dalam, kebidanan dan bedah. Sebab selama ini kebutuhan pelayanan kesehatan spesialis lebih banyak bergantung kepada tenaga asing.(ICH/Dewi Puspita dan Yuli Sasmita)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini