Sukses

Pemandangan Langka bagi Turis, Penjaga Gerbang Istana Buckingham Inggris Menangis Saat Bertugas

Seorang Pengawal Raja di Istana Buckingham menunjukkan emosi yang kuat ketika melihat orang tuanya di tengah kerumunan turis.

Liputan6.com, Jakarta - Pemandangan langka terjadi di depan gerbang Istana Buckingham. Seorang penjaga gerbang yang biasanya memasang wajah tegas dan tanpa emosi tiba-tiba menangis saat didekati dua orang dewasa.

Mengutip news.com.au, Senin (8/7/2024), adegan itu terekam dalam video yang diunggah di akun Youtube Buska in The Park. Dimulai dengan memperlihatkan seorang penjaga istana duduk tegap di atas kudanya saat hujan turun di luar Istana Buckingham.

Meski begitu, para turis tetap ramai mengelilinginya ditingkahi suara sirene meraung-raung di jalan-jalan terdekat. Pemandangan ramai itu tidak menggoyahkannya. Ia tetap fokus berjaga meski banyak turis mendekat untuk berfoto dengannya di samping kudanya. Bahkan, ada yang mengelus hidung binatang itu.

Tiba-tiba penjaga yang sebelumnya tenang itu tersenyum dan terlihat berkaca-kaca saat dua orang dewasa mendekat. Turis lain yang memperhatikan berseru, "Itu ayahnya!"

Kedua orangtuanya mendekati penjaga gerbang yang ternyata seorang perempuan. Mereka membelai kudanya sambil mengobrol.

Penjaga yang berlinang air mata kemudian terlihat tersenyum saat orangtuanya menoleh ke arahnya, dan ibunya juga membelai kaki putrinya. Penjaga itu mengangguk ketika ditanyai pertanyaan oleh ibunya, sebelum menangis, menundukkan kepala ke depan, dan menggunakan sarung tangan putih untuk menyeka matanya. Momen singkat nan mengharukan itu diakhiri dengan mereka berpose untuk difoto oleh seorang turis.

Penjaga gerbang Istana Buckingham menjadi salah satu atraksi wajib yang ramai didatangi turis saat mengunjungi Inggris. Biasanya mereka akan bergantian berfoto bersama dengan penjaga yang berseragam lengkap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tradisi Pergantian Penjaga Gerbang Istana Kembali Dilakukan

Selain berfoto bersama, para wisatawan, terutama dari luar negeri, juga berkesempatan menyaksikan upacara tradisi pergantian penjaga. Tradisi itu sempat ditiadakan saat pandemi Covid-19 untuk menghindari kerumunan turis selama penguncian wilayah, namun kembali digelar setelah 18 bulan kemudian.

Melansir standard.co.uk, pemandangan tersebut kembali pada Senin, 23 Agustus 2021, dengan latar belakang musik untuk memberi penghormatan atas keberhasilan Tim Britania Raya selama Olimpiade Tokyo 2020. Batalyon 1 Pengawal Coldstream mengenakan tunik merah dan topi kulit ikonis saat berbaris dari Barak Wellington terdekat ke istana.

Mereka hendak mengambil alih tugas dari penjaga lama, Pengawal Grenadier Kompi Nijmegen. Lagu-lagu yang dimainkan Band of the Coldstream Guards untuk menghormati Tim Britania Raya termasuk Spandau Ballet's Gold, The Olympic Theme, Chariots of Fire, dan One Moment In Time dari Whitney Houston.

Ratu Elizabeth II yang saat itu masih hidup tidak ada di sana untuk menyaksikan upacara tersebut karena sedang istirahat tahunan di Balmoral, Skotlandia. Rombongan wisatawan pun berkumpul untuk menyaksikan acara tersebut.

3 dari 4 halaman

Tradisi yang Diantisipasi Turis

Sersan Garnisun Mayor Andrew Stokes dari Pengawal Coldstream yang bertanggung jawab atas kembalinya upacara tersebut mengatakan, "Ini sudah lama dinanti, mengingat sudah 18 bulan sejak kami terakhir melakukan upacara Mengubah Penjaga."

Ia menyebut bahwa ada banyak kerja keras dan persiapan sesuai standar. Beberapa dari mereka yang mengikuti pawai kompleks ini disebut baru pertama kali melaksanakan tugas.

Sersan Garnisun Mayor Stokes mengatakan, "18 bulan adalah waktu yang lama di militer, jadi ada banyak orang yang bertugas hari ini telah berada di Angkatan Darat selama 18 bulan."

"Para penjaga menikmatinya karena banyak anggota masyarakat dan turis datang untuk menonton. (Sebelum pandemi) penontonnya hingga 20 ribu saat musim panas," imbuhnya.

Ia menambahkan, "Para musisi menikmatinya karena bisa unjuk keterampilan di depan penonton, dan itu menanamkan banyak kebanggaan mengetahui bahwa semua orang datang untuk menonton penjaga dan musisi yang sangat muda."

4 dari 4 halaman

Biasa Diam, Tiba-tiba Penjaga Gerbang Bergerak

Penjaga gerbang Istana Buckingham biasanya tidak bergerak dari posisinya dan tidak bicara maupun menggerakkan anggota tubuhnya saat bertugas, kecuali ada bahaya yang mengancam atau waktu tugasnya sudah berakhir. Namun, seorang penjaga gerbang istana terekam bergerak beberapa langkah dan diunggah salah satunya oleh akun Instagram @mothershipsg pada Rabu, 19 Juli 2023.

Ia melihat seorang bocah laki-laki bersama seseorang yang sepertinya adalah ayahnya ingin berfoto bersamanya. Momen langka ini terjadi kemungkinan besar karena si penjaga bersimpati pada anak laki-laki itu yang berkebutuhan khusus atau disabilitas.

Sang bocah dan ayahnya sempat terpana melihat kejadian yang sama sekali tidak disangka itu. Padahal sebelumnya, sang ayah sudah meminta anaknya untuk tidak terlalu dekat dengan penjaga kerajaan itu saat ingin berfoto.

Setelah sempat terkejut, keduanya langsung berpose untuk berfoto. Mereka tentunya mendapatkan hasil foto yang lebih baik karena cukup dekat dengan si penjaga. Usai berfoto, si penjaga kembali bergeser beberapa langkah ke posisi semula. Tindakan yang dilakukan penjaga itu mendapat banyak respons positif dari sejumlah warganet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini