Sukses

Cerita Sedih di Balik Video Pengantin Perempuan Duduk di Pelaminan Tanpa Mempelai Pria

Sebelum pengantin perempuan duduk sendiri di pelaminan saat resepsi, kedua keluarga sepakat memutuskan melangsungkan akad nikah dua hari lebih cepat dari jadwal semula.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan kenangan familiar akan pernikahan yang dibawa seorang pengantin perempuan yang terekam duduk sendiri di pelaminan, tanpa mempelai pria. Prosesi janji sepanjang usia itu memang disiapkan sebagaimana umumnya, namun takdir berkata lain.

Cerita ini dibagikan seorang makeup artis MUA di akun Instagram-nya, @zeestushy_official, Rabu, 12 Juni 2024. "Bukti cinta tanpa syarat itu ada, ini kisah pengantinku yang beberapa hari kemarin baru menikah," begitu bunyi penggalan keterangan yang dibagikannya.

Di video, ia menulis bahwa persiapan pernikahan pasangan pengantin ini semula berjalan lancar. "H-2 sebelum acara, tiba-tiba kami mendapat kabar dari pihak keluarga bahwa ada perubahan acara di hari H pernikahan," tulisnya.

Ia menjelaskan bahwa akad nikah semula terjadwal pada 9 Juni 2024. Namun, berdasarkan kesepakatan kedua keluarga, acara itu berlangsung dua hari lebih awal, yakni 7 Juni 2024. "Diwarnai haru dan air mata, Alhamdulillah acara berjalan lancar," ujarnya.

Berlanjut, resepsi disebut tetap terlaksana pada 9 Juni 2024. Ini berlangsung tanpa dihadiri mempelai pria maupun orangtuanya. "Hanya didampingi keluarga dan sanak saudara pihak laki-laki," ungkap sang MUA. "Tanpa ada iriangan musik dan yang lainnya. Hanya isak tangis yang terdengar saat itu."

Ia mengagumi ketegaran hati pengantin perempuan yang melewati hari bahagia tanpa suaminya. Berdandan ala manten Sunda, lengkap dengan siger sebagai penghias kepala, si mempelai wanita duduk sendiri di pelaminan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Mempelai Pria Tidak Datang Saat Resepsi

MUA itu mengatakan bahwa absennya pengantin laki-laki, karena ia dalam keadaan sakit. "Semua larut dalam kesedihan dan berdoa untuk kesembuhan pengantin laki-laki," kata dia.

Setelah itu, pengantin perempuan terekam pergi ke rumah sakit untuk menjenguk suaminya. Ia tampak memakai busana pengantin berwarna hijau berpadu hijab serasi. Tidak bisa membendung air mata, perempuan itu terlihat menangis memeluk ayah mertuanya.

Siang harinya, ia pamit untuk mengantar suaminya berobat. "Qodarullah, hari ini tepat tanggal 12 Juni 2024, Allah lebih sayang A Faiz (pengantin pria)," ungkapnya. "Insya Allah husnul khotimah untuk Aa faaiz dan untuk teh @apriyaniiesti semoga Allah beri kekuatan dan ketabahan yang tiada tara, tetep semangat teteh, banyak yang sayang sama teteh bageur."

Ungkapan belasungkawa pun membanjiri kolom komentar. "Sepupu akuuu🥺😭 doain ya temen temen supaya sepupu aku di kasi sabar sama Allah yang luas🥺😭," kata seorang warganet, sementara pengguna lain bertanya sakit yang diderita mendiang.

3 dari 4 halaman

Ungkapan Belasungkawa untuk Mendiang Pengantin Pria

"Kanker, teh," jawab akun tersebut. "Ujian nikah itu ada ajaaa, tapi ini bener2 ujian nya luar biasa, yang sabar yang ikhlas yaaa teh, semoga almarhum suami husnul khotimah 🥺❤," tulis seorang warganet.

"Ya Allah sedih bgt meski ga kenal rasanya sakit bgt pasti. Yang sabar dan ikhlas ya teteh🥹🥹😭🤍," ungkap yang lain, sementara pengguna berbeda berkomentar, "Baru liat fyp tt ternyata tetangga desa, yaallah yarabb semoga tth dan keluarga lainnya di beri ketabahan dan kekuatan Aamiin yrb🤲🏻."

Ada pula yang merespons, "Ya allah kakaa, kaa aku tau fase setelah ini pasti berat, tapi Allah lebih sayang suami kaka ternyata, insya Allah disana bahagia dan gasakit beliau, makasii yaa ka estii sudah mau menerima seorang laki laki itu dengan baik dan ikhlas🥺 aku ikut berduka ya allah, nyesek jugaa liatnya sebagai orang yg punya sakit akuu ikut terharu dan campur aduk rasanya liat kalian😭."

 

4 dari 4 halaman

Kisah Pernikahan Serupa

Tahun lalu, seorang pengantin perempuan asal Palembang dikabarkan meninggal dunia lima menit setelah ijab kabul. Perempuan bernama Dwi Oktaviani itu disebut tiba-tiba sakit, lapor kanal Regional Liputan6.com, 29 Juli 2023. Ia sempat dibawa ke rumah sakit, namun sayang nyawanya tidak tertolong.

Menurut keterangan dari video yang diunggah di TikTok, ia diduga mengalami kelelahan. "Kabar duka dari Palembang, diduga kelelahan dan hipertensi mempelai wanita meninggal usai Ijab Qobul. Sudah dibawa ke RS tapi tidak tertolong. Innalillahi Wa innaillaihi Roji'un, Husnul Khatimah Aamiin🤲," tulis keterangan video tersebut.

Di rekaman tersebut, terlihat sebuah mobil ambulans masuk ke halaman rumah Dwi, seiring pecahnya tangisan keluarga. Pelaminan dan dekorasi pernikahan masih terpasang dengan rapi saat ia kembali pulang dalam tubuh tidak bernyawa.

Di video, beberapa orang terlihat memakai batik dan beskap saat mengangkat keranda dari dalam mobil ambulans untuk dibawa ke dalam rumah. "Pernikahan yang tadinya penuh kebahagiaan hanya lima menit berganti kedukaan," tulis keterangan dalam video akun @viralyes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini