Sukses

Rio Haryanto Resmi Lamar Athina Keponakan Istri Sandiaga Uno, Warganet: Hari Patah Hati Nasional Berkali-kali

Menparekraf Sandiaga Uno mewakili keluarga Athina Papadimitriou menerima kehadiran keluarga Rio Haryanto di acara lamaran yang mengusung budaya Tionghoa itu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan kabar bahwa pebalap nasional Rio Haryanto resmi melamar keponakannya, Athina Papadimitriou. Acara lamaran bernuansa biru langit itu dihadiri keluarga besar kedua keluarga.

"Dengan penuh rasa bahagia, saya ucapkan selamat atas acara lamaran keponakan saya tercinta, Athina dan @rharyantoracing💍🤍Alhamdulillah, hari ini saya mewakili keluarga besar Athina mengucapkan terima kasih atas kedatangan keluarga besar dari Rio," tulis Sandiaga Uno di akun Instagramnya, Minggu (26/5/2024).

Tidak disebutkan lokasi acara berlangsung, tapi terlihat bahwa prosesi lamaran memasukkan unsur budaya Tionghoa. Rio yang berdarah Tionghoa mengenakan baju changsan berwarna light blue bermotif dengan kerah tegak dan kancing yang khas.

Busananya serupa hanya berbeda warna dengan yang dipakai sang ayah, Sinyo Haryanto dan kakaknya. Sedangkan sang ibu, Indah Pennywati terlihat mengenakan qipao modifikasi tanpa lengan.

Sementara, Athina mengenakan gaun cheongsam berbahan lace warna senada dengan panjang lengan sampai siku. Penampilannya semakin memukau dengan anting rain drops berlian dan senyum manisnya yang terus terkembang. Riasannya simpel natural dengan rambut dicepol modern.

Dalam sebuah unggahan, terlihat ibu Rio memakaikan kalung di leher Athina. Dalam budaya Tionghoa, prosesi lamaran itu disebut Tingjing. Kalung yang diberikan calon pengantin pria itu merupakan tanda pengikat bagi calon pengantin wanita.

 

"Semoga Allah melancarkan langkah-langkah kalian kedepan, menjaga hubungan kalian, dan memberikan kebahagiaan yang tak terhingga. Amiin…," imbuh Sandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bikin Banyak Patah Hati

Baru beberapa saat diunggah, kolom komentar akun Sandiaga dan Rio langsung dibanjiri komentar. Banyak yang mengucapkan selamat dan doa agar hubungan keduanya diberkahi dan dilancarkan menuju pernikahan. Tapi, tak sedikit yang merasa patah hati mendengar kabar tersebut.

"Hari patah hati Indonesia part sekian 💔 but congrats semoga jadi keluarga yg sakinah mawaddah warahmah. (Yg kaya gini satu lagi ya Allah 🤭)," tulis seorang warganet.

"Patah hati akyuuuhhh..," tulis warganet berbeda.

"Patah Hati💔💔💔 tapi aku bahagia," imbuh yang lain.

"Kapalku karam," ucap warganet berbeda.

"dengan segala support, ayok move on nak ke hati yg lain 💔," canda warganet lain.

Kabar pertunangan antara Rio dan Athina muncul sejak awal tahun ini. Dugaan itu muncul karena beberapa waktu lalu Rio Haryanto terlihat pergi bersama seorang wanita cantik yang ternyata adalah keponakan dari Nur Asia Uno, istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno.

 

 

3 dari 4 halaman

Dugaan Pertunangan Mencuat Sejak Awal Tahun

Rio dan Athina saat itu dikabarkan sudah bertunangan dan akan segera menikah. Hal itu diketahui lewat unggahan sahabat mereka, salah satunya presenter Ncess Nabati. Dalam unggahanannya, Ncess membocorkan video kebersamaan Rio dengan Athina. Ncess Nabati juga menyelipkan keterangan yang bikin penasaran.

"Siap siap patah hati nasional," tulisnya di akun Instagram miliknya, 24 Februari 2024 sambil membagikan video pertemuannya dengan Rio dan Athina. Sontak saja warganet baper melihat kebersamaan mereka. Sejumlah warganet meyakini bahwa Rio bakal melepas masa lajangnya dalam waktu dekat.

Foto yang dibagikan Ncess kemungkinan diambil saat Rio dan Athina sempat pergi kondangan bersama di acara pernikahan sahabat mereka. Di pesta itu, keduanya bertemu dengan Ncess Nabati.

Rio tampil gagah dengan setelan jas biru dongker dan celana panjang berwarna senada dan kemeja putih. Sedangkan Athina mengenakan abaya cantik berwarna hijau muda. Saat foto bersama dengan rekan yang lain, Athina terlihat melingkarkan tangannya ke lengan Rio.

4 dari 4 halaman

Kunjungan Nur Asia Uno ke Restoran Milik Rio Haryanto

Athina dikabarkan aktif dalam kegiatan sosial, mengikuti jejak tantenya. Ia juga menjadi Duta Milenial Yayasan Jantung Indonesia. Selain Ncess Nabati, Rio juga membagikan ulang unggahan sahabatnya.

Entah kebetulan atau tidak, Nur Asia Uno berkunjung ke Solo, Jawa Tengah pada 2019. Salah satu lokasi yang disambangi istri Sandiaga Uno itu adalah restoran milik Rio Haryanto. Ia menghabiskan waktu di tempat tersebut bersama teman-temannya.

Mengenakan busana kasual, yakni celana jins dipadukan kemeja denim, Nur Asia tampak rileks. Ia juga sempat berfoto bersama pemilik restoran dan ibundanya. "Terima kasih banyak ya @rharyantoracing dan mba Indah (ibunda Rio) untuk kebersamaannya di Solo, we had a good time," tulis Nur Asia, Rabu, 18 Desember 2019.

Nur Asia sepertinya tak hanya sekali datang ke restoran tersebut. Hal itu terlihat dari perbedaan busana di empat foto berlatar Grandis Barn, nama restoran tersebut, yang diunggah ke akun Instagram-nya.

Lewat penelusuran di akun Instagram Grandis Barn, tempat itu berlokasi di daerah Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Nama Grandis diambil dari nama latin pohon jati, Tectona grandis.Pemilihan nama itu merujuk pada lokasi restoran yang dikelilingi pohon-pohon jati nan tinggi. Sementara, barn adalah konsep bangunan restoran yang atapnya mirip kandang kuda di Eropa.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.