Sukses

Cerita Pria Umrah Mandiri dengan Biaya Diklaim Cuma Setengah dari Tarif Biro Perjalanan

Pria yang pergi umrah saat bulan puasa lalu ini rela mengurus perjalanan menuju Jeddah untuk beribadah umrah mandiri. Ia pun membeli tiket sampai memesan hotel secara mandiri.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang ingin umrah tapi terkendala oleh biaya pendaftaran yang tinggi. Pendaftaran umrah lewat biro perjalanan umumnya memerlukan biaya cukup besar, termasuk biaya visa, akomodasi, transportasi, dan biaya administrasi lainnya.

Karena itu, belakangan makin marak yang berangkat umrah secara mandiri, seperti cerita yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @backpackersayur. Pria yang pergi umrah saat bulan puasa lalu ini rela mengurus perjalanan menuju Jeddah sendiri untuk melakukan ibadah umrah. Ia pun membeli tiket sampai memesan hotel secara mandiri.

Kesannya memang merepotkan, tapi perjalanan umrah mandirinya itu bisa lebih menghemat bujet perjalanan. Dia bahkan sengaja membawa bekal dari Indonesia karena di Makkah dia hanya memesan hotel tanpa makan. Selain irit, hal itu juga bisa membuatnya lebih fokus beribadah.

"Biar bisa fokus ibadah, jadi makan bisa disiapkan sejak ashar. Posisinya Ramadhan sulit untuk PP hotel tiap jam sholat," tulisnya pada 30 April 2024. Ia berangkat dari Solo yang langsung mengambil penerbangan menuju Jeddah dengan transit di Jakarta. Ia mengaku hanya mengeluarkan uang Rp5 juta untuk tiket pesawat pulang pergi.

Ibadah umrah yang dilakukan secara mandiri tidak disarankan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag). Tapi, Kemenag juga tidak melarang sehingga seharusnya tidak ada masalah dalam pelaksanaannya.

"Dari imigrasi indo sampe imigrasi saudi LANCAR JAYA, di imigrasi Saudi malah gak ditanya apa2. Kita resmi ya, di UUD disebutnya umroh perorangan dan itu diizinkan," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sewa Pemandu Saat Umrah

Sebelum berangkat umrah mandiri, pria ini terlebih dahulu mencari informasi di grup backpacker dan umrah mandiri. Pria itu tidak menyangka ternyata cukup banyak orang Indonesia yang umrah mandiri. Di sana, mereka bisa patungan menyewa bus agar biaya semakin ringan. 

Pria itu berangkat ke Madinah dulu sebelum ke Makkah. Ia memesan hotel secara mandiri seharga 700 ribuan, yang kemungkinan dalam mata uang rupiah. "Hotel Madinah pertama 700 ribuan aja, kamarnya luas ada dapurnya malah, ke Masjid cuma 5 menit," tulisnya.

Jika berangkat dengan travel, peserta akan langsung didampingi seorang muthawif atau pemandu untuk ibadah haji maupun umrah. Karena mandiri, ia menyewa pemandu sendiri agar tidak kebingungan saat beribadah.

Pria itu kemudian berpindah hotel dengan harga yang tak jauh berbeda, hanya sekitar Rp100 ribu. Dengan biaya ekstra, ia mendapat fasilitas yang lebih lengkap, termasuk makan tiga kali sehari dan hanya 2 menit jaraknya dari masjid. Setelah menghabiskan waktu di Madinah, barulah ia melanjutkan ibadah ke Makkah. 

3 dari 4 halaman

Total Biaya Umrah Mandiri

Ia dan beberapa jemaah umrah mandiri menyewa bus untuk jalan-jalan di kota. Mereka berpatungan sekitar Rp200 ribu per orang. Dengan begitu, total biaya yang ia habiskan selama 14 hari perjalanan hanya Rp 17 juta. Sementara jika melalui agen atau travel, biayanya bisa menjadi Rp35 juta atau dua kali lipat dari biaya umrah mandiri. Tentu dengan kenyamanan dan fasilitas yang lebih memadai.

"Tiket Pesawatnya cuman 5 Jt Solo-Jeddah PPBiaya hotel, visa, muthowwif, makan dll sekitar 12jt . Ini 14 hari loh dan Bulan Ramadhan," terangnya.

"Udah gitu hotelnya deket banget untuk di Madinah, di makkah jalan 7 menit aja. Kapok tidak umrah mandiri? Tentu saja tidak. Selanjutnya InsyaAllah akan bawa keluarga," sambungnya.

Cerita perjalanan umrah ini pun sempat viral dan mengundang banyak perhatian warganet. Selain banyak yang ingin meniru, ternyata tak sedikit juga yang sudah merasakan perjalanan serupa. Tapi, ada juga yang menyarankan untuk umrah dengan travel karena bisa lebih terorganisir.

4 dari 4 halaman

Kata Warganet Soal Umrah Mandiri

Salah satu video sudah dilihat lebih dari 4,5 juta kali, disukai lebih dari 315 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 11 ribu komentar. “Cerita Umroh Mandiri Cuman 17 Jt,” tulis keterangan unggahan pada 27 April 2024 itu.

"Pengen umrah mandiri tapi sampe sana takut nggak bisa bahasa inggris," komentar seorang warganet.

"Pengen juga umrah mandiri kemarin 1 bulan plus Turki 30 juta," kata warganet yang lain.

"Pengen berangkat umrah mandiri tapi sungguh mau nikah dulu biar bareng istri nanti," tulis warganet lain.

"Alhamdulillah Umroh mandiri berngkat tgl 26 mart By Saudia Solo-Jkt-Jedah. Jedah lgsg ke mekkah s/d tgl 15 April. Tgl 15 april Mekkah - Madinah by kreta cepat hotel di Al Aqeeq sampai tgl 24 April," ujar warganet lainnya.

"Please bgt kakak2ku kalau pertama kali pergi umroh dengan uang pas2an lebih aman pake travel yaa karena kalau ada apa2 biar dibantuin krn mereka udh biasa urus jamaah," timpal warganet lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini