Sukses

Aroma Tubuh Ganjar Pranowo Tercium Semerbak dari Jauh, Alam Bocorkan Parfum Ayahnya

Seorang warganet yang mengaku tidak sengaja bertemu Ganjar Pranowo pun mendeskripsikan harum parfum ayah Alam Ganjar itu.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka Ganjar Pranowo bisa viral jalur warganet karena penasaran dengan parfumnya? Hal ini bermula saat seorang pengguna X, dulunya Twitter, mengaku tidak sengaja berdiri di dekat mantan Gubernur Jawa Tengah itu saat naik eskalator di Stasiun Kereta Cepat Halim WHOOSH.

"Lagi naik escalator terus bergumam dalem hati, 'Waduh ini bapak-bapak depan gue wangi banget, mana cakep.' Taunya Pak Ganjar," cuit akun @ustadchen, Rabu, 17 April 2024. Dari situ, banyak warganet yang penasaran seperti apa aromanya. "Wanginya yang dari kejauhan udah kecium, strong tapi nggak nyegrak. Soft di hidung tapi kecium banget. Sedikit ke musky. Sweet-sweet woodsy gitu," jawabnya.

Tidak berhenti dari situ, beberapa pengguna bertanya soal parfum yang dipakai politisi berusia 55 tahun tersebut. Akun pendukung pasangan Ganjar-Mahfud saat Pemilu 2024, @timpenguinnas, pun menandai akun X Alam Ganjar. "Mas Alam @alamganjar14, Bapak e sampeyan pake parfum merk apa? Mohon dispill dong 🙏🏻," tulisnya.

Ini dijawab Alam dengan menulis, "Unusual Nothing," merujuk pada salah satu varian merek parfum lokal. Di dekripsi unggahan di Instagram, parfum yang dirilis pada 28 November 2023 itu dituliskan sebagai, "Tetap sama, molekul sintetis Ambroxide menciptakan aroma metalik dengan sedikit asin dan musky."

"Meski kami telah memperkenalkan sentuhan aroma bunga dan buah berwarna putih, itu hanya tambahan halus. Jadi, tidak ada yang berubah dari NOTHING," imbuhnya. Produk parfum lokal ini dijual seharga Rp349 untuk kemasan 50 ml.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Parfum Ganjar Pranowo

Dari seri yang sama, jenama parfum lokal itu merilis edisi khusus Idulfitri. Mereka menjelaskan, "Terlihat dari kemasan white-on-white-nya yang menggambarkan inti perayaan, kembali ke kehampaan dan memulai lembaran baru. Ini akan jadi pelengkap sempurna untuk suasana selebrasi Hari Raya dan jadi pengingat bahwa hal menakjubkan bisa muncul dari awal yang paling sederhana, melalui aroma yang bersih dan sederhana dari NOTHING."

Produk yang diklaim bisa dipakai perempuan dan laki-laki ini dibanderol sedikit lebih mahal dari versi sebelumnya, yakni Rp379 ribu. Berdasarkan pantauan pada Kamis siang (18/4/2024), item tersebut masih tersedia di toko online merek tersebut.

Tidak hanya parfum ayahnya, Alam juga menjawab pertanyaan terkait wewangian ibunya. "Agak khusus, brand jepang namanya dokoni," jawabnya.

Asosiasi Ganjar dengan produk lokal sebenarnya sudah jadi perhatian sejak rangkaian Debat Capres-Cawapres 2024. Panggung Debat Capres Cawapres 2024 bahkan seolah jadi "karpet merah Met Gala" tidak hanya untuknya, tapi juga pasangan calon wakil presidennya, Mahfud MD.

3 dari 4 halaman

Parade Fesyen Lokal

Di Debat Pamungkas Capres 2024, Ganjar-Mahfud mengkreasikan produk fesyen lokal berupa sepatu lokal rilisan jenama asal Bandung, Jawa Barat, MARQUE.CO. Di unggahan Instagram-nya, 5 Februari 2024, produk itu disebut sebagai "sepatu sneakers kasual dengan model vintage modern."

Sepatu uniseks dalam kombinasi warna hitam-putih dan sol cokelat ini tersedia untuk ukuran 39--46 dengan harga jual Rp395 ribu. "Yang mau kembaran sama Pak Ganjar dan Prof. Mahfud, kalian bisa pesan sepatunya ready stock ya!" kata mereka menambahkan.

Melengkapi tampilan kasual itu, Ganjar dan Mahfud kedapatan berjaket varsity dengan ragam emblem yang menonjolkan program kerja mereka. Sekilas, warganet sempat menilai bahwa item fashion itu mirip dengan yang dipakai grup idol K-pop populer, TWICE.

Melansir Antara, Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, menjelaskan bahwa Ganjar-Mahfud mengenakan jaket varsity sebagai wujud apresiasi pada gelombang pernyataan sikap dosen dari berbagai perguruan tinggi ternama sebagai upaya menjaga demokrasi, serta menegakkan etika dan moral dalam berpolitik.

4 dari 4 halaman

Penampilan Mencolok

Ganjar dan Mahfud sebelumnya telah tampil mencolok dengan jaket bomber yang visualnya dipersonalisasi  saat menghadiri Debat Capres edisi ke-3 di Istora Senayan, Jakarta Pusat,  7 Januari 2024. Mereka memakai custom Steeves Flight Jacket berhias patch "Sat Set Tas Tes" rilisan brand lokal Bandung, Timechine Co.

Di unggahan Instagram-nya, Minggu, jenama mode itu menuliskan bahwa jaket tersebut merupakan bagian dari koleksi deadstock dan surplus mereka. Karenanya, itu "dibuat secara terbatas."

Di debat capres 2024 edisi pertama yang berlangsung pada 12 Desember 2023, pasangan Ganjar-Mahfud memilih perpaduan busana hitam-putih, namun tetap cukup mencolok dengan pilihan kata tidak biasa di busana mereka. Tidak ketinggalan, keduanya juga menambahkan sentuhan lokal lewat sepatu yang dipakai.

Serasi dengan warna potongan mode yang dipilih, alas kaki ini merupakan rilisan jenama asal Bandung, Jawa Barat: Pijak Bumi.  Merujuk situs webnya, dikutip 13 Desember 2023, capres dan cawapres nomor urut tiga ini memakai item seri "Saki Skeleton."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini