Sukses

Bos Apple Tim Cook Melokal di Jakarta, Makan Sate Ayam sampai Jalan-Jalan ke Kota Tua

Bos Apple Tim Cook kedapatan ngobrol santai dengan dalang wayang kulit setelah menonton pertunjukan seni tradisional itu di Museum Wayang, kawasan Kota Tua Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Bos Apple Tim Cook punya cara tersendiri untuk melokal di Jakarta di sela-sela agendanya bertemu presiden dan pejabat. Miliarder berusia 63 tahun ini salah satunya kedapatan menyantap sate ayam, kuliner yang mudah ditemukan di kota yang dulunya dikenal bernama Batavia ini.

Agenda ini dibagikan Cook melalui akun X-nya, dulunya Twitter, Selasa, 16 April 2024. Ia menulis dalam bahasa Inggris yang artinya, "Halo Indonesia, apa kabar? (Menyantap) sate ayam dengan fotografer iPhone Sofyan Pratama adalah cara sempurna untuk memulai kunjungan saya di Jakarta! Saya berharap dapat bertemu lebih banyak lagi komunitas dan pengembang kreatif Indonesia selama saya di sini!"

Bersama keterangan itu, foto Cook dan Sofyan sedang tertawa pun dibagikan, sementara di depan mereka, ragam kuliner Indonesia tersaji, termasuk sate ayam yang tadi telah disebut. Tidak berhenti di situ, karena pria dengan kekayaan 2,1 miliar dolar AS per 2024 menurut Forbes itu juga jalan-jalan ke kawasan Kota Tua Jakarta.

Secara khusus, Cook menyambangi Museum Wayang yang berada di area salah satu destinasi wisata populer di Jakarta itu, dan menonton pertunjukan wayang kulit. "Fotografer iPhone Nyimas Laula memperkenalkan saya pada bentuk seni kuno Indonesia yang terkenal saat ini di Museum Wayang. Terima kasih untuk semua pemain yang luar biasa!" tulisnya di X.

Usai menonton pertunjukan, Bos Apple tersebut sempat ngobrol santai dengan sang dalang, Fakih, rangkum kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (17/4/2024). "Terkejut saat melihat Tim Cook sangat antusias dengan seni wayang kulit," kata Fakih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lakon Gatotkaca

Fakih berkata, "Ia (Tim Cook) sempat bertanya tentang sudah berapa lama saya jadi dalang, proses pembuatan wayang, hingga teman gamelan." Sang dalang menjelaskan, pertunjukan wayang kulit yang dipertontonkan bercerita tentang superhero Indonesia asli, yakni Gatotkaca.

Sebelumnya, Cook lebih dulu mengunjungi Istana Kepresidenan Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kunjungan Cook ke Indonesia salah satunya untuk meresmikan pembukaan Apple Developer Academy Indonesia ke-4.

"Kami membuka 4th Developer Academy di Bali dan baru kami umumkan. Ketiga program Apple Developer Academy yang sebelumnya sudah meluluskan ribuan orang pengembang," kata dia di hadapan wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Cook pun membangga-banggakan ribuan pengembang yang lulus dari program Apple Developer Academy Indonesia. "Mereka sudah bisa membuat aplikasi di App Store yang tidak hanya bisa dipakai di Indonesia, tapi juga di luar negeri, sehingga kami cukup bersemangat akan hal ini," ia menyambung.

3 dari 4 halaman

Pertemuan dengan Jokowi

Hal lain yang dibahas Tim Cook dengan Jokowi adalah menyoal manufaktur rantai pasokan iPhone dan produk Apple lain. "Kami berbicara tentang keinginan Presiden (Jokowi) melihat ada banyak pabrik di Indonesia dan ini merupakan suatu hal yang kami upayakan," kata Cook.

Sementara itu, saat konferensi pers usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu bos Apple itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi menjelaskan bahwa dalam pertemuan selama satu jam itu, Cook dan pemerintah menyepakati adanya sejumlah hal penting.

Salah satunya adalah upaya Indonesia berkontribusi lebih dalam rantai pasokan global Apple, termasuk dalam menyediakan komponen untuk produk-produk Apple. Budi Arie mengungkap, saat ini, dari 360 komponen di iPhone, Apple hanya menggunakan dua komponen yang dibuat di Indonesia. Sementara di Vietnam, Apple menggunakan 72 komponen untuk iPhone.

Menurut data Kementerian Peridustrian, dalam satu tahun, nilai impor Indonesia sebesar 2 miliar dolar AS dari Apple. "Jadi Indonesia tidak sekadar pasar, tapi bisa jadi global supply chain," kata Menkominfo.

4 dari 4 halaman

Temui Prabowo

Menurut Menkominfo, Presiden Jokowi juga sempat mengajak Tim Cook berpartipasi dalam pengembangan kota cerdas Ibu Kota Nusantara (IKN). "Bagaimana Apple bisa berpartisipasi dalam pengembangan smart city di IKN," sebut dia.

Setelah Jokowi, Cook menemui Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto selama sekitar satu jam di Kantor Kemenhan Jakarta, Rabu (17/4/2024). Menkominfo Budi Arie Setiadi pun turut mendampingi. Ia menyebut, Cook hadir bersama Vice President for Environment, Policy, and Social Initiatives Apple Lisa Jackson.

Menurut Budi Arie, Cook menyampaikan rencana investasi dan Apple Developer Academy di Indonesia. "Indonesia negara yang menarik dan potensial bagi Apple," ujar Budi Arie mengutip ucapan bos Apple tersebut.

Di sisi lain, Prabowo, yang juga Presiden RI terpilih, berharap investasi Apple bisa terlaksana dengan baik di Indonesia dan tepat waktu. "Pak Prabowo menyampaikan, Indonesia sangat welcome dengan komitmen Apple untuk berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia,“ kata Budi Arie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini