Sukses

Kreator Konten Asal Surabaya Irene Suwandi Mengaku Bakal Debut Jadi Idol K-pop

Jadi trainee sejak tahun lalu, Irene Suwandi mengaku akan debut di grup K-pop bernama TD.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah idol K-pop dari IndonesiaĀ dikabarkan akan bertambah, karena kreator konten asal Surabaya Irene Suwandi mengumumkan bahwa ia akan segara debut dalam grup bernama TD. Kabar ini dibagikan langsung oleh Irene melalui unggahan di akun media sosialnya, Selasa, 16 April 2024.

"Introducing IRENE from TD, jangan lupa dukung aku yah guys! šŸ‡®šŸ‡©šŸ‡°šŸ‡·āœØ," tulisnya sebagai keterangan unggahan video berdurasi 1 menit dan 15 detik tersebut. Rekaman itu dimulai dengan Irene memperkenalkan diri dalam bahasa Korea. Ia kemudian berkata dalam bahasa Inggris yang artinya, "Aku akan debut di grup K-pop bernama TD."

"Jadi, jangan lupa buat dukung aku ya," sambungnya berganti berbicara dalam bahasa Indonesia. "Aku dari kecil emang suka ngedance. Aku bahkan menari balet saat kecil."

Bersama narasi itu, rekaman Irene latihan menari pun diputar sebagai latar belakang. Kembali beralih ke bahasa Korea, ia bercerita, "Kami biasanya latihan menari selama tiga jam. Setelahnya, kami akan latihan vokal." Cuplikan Irena menyanyikan lagu Adele, Rolling in the Deep, kemudian muncul.

Irene mengaku sudah jadi trainee sejak tahun lalu di agensi yang namanya disensor di klip tersebut. "Sengaja aku sembunyiin dari kalian biar surprise," akunya. Selanjutnya, ia memamerkan kemahiran berbicara dalam bahasa Mandarin, menyebut, "Sebenarnya, saya menemui banyak tantangan saat pertama terjun ke industri K-pop."

Ia menyambung dengan mengatakan bahwa ia sempat sekolah di China, dan harus "mendorong batasanku." "Aku bersyukur banget bisa jadi kreator konten pertama yang berhasil debut di K-popĀ industry ini. Segala sesuatunya terasa baru untukku, tapi demi kalian,Ā aku akan belajar dan melakukan yang terbaik. I love you, Indonesia. Terima kasih," tutupnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Tidak butuh waktu lama bagi unggahan itu diserbu warganet. Sebagian besar mengaku terkejut, tapi tetap memberi ucapan selamat dan menyemangati Irene. "Kagetnya tuh karena enggak ilang (di dunia maya) kayak kebanyakan trainee," kata seorang pengguna X, dulunya Twitter.

Pengumuman debut di akun media sosial pribadi Irene juga dinilai tidak biasa, karena kabar tersebut biasanya akan diumumkan melalui agensi maupun label grup. "Ini Irene yang sering FYP karena video DIY kan, kaget banget tiba-tiba ngumumin mau debut," timpal warganet berbeda.

Sebagian pun mempertanyakan kabar tersebut, karena mereka tidak bisa menemukan jejak digital grup TD yang disebut Irene. "Cepet mention deh grupnya biar didukung dan di-follow," tulis pengguna TikTok. "REAL KAH?? SUMPAH KALO REAL TAG AKUN TD PLS."

"KAGEEETTTT šŸ˜³ kaaaak dari jalur DIY ke KPop?? waawwwww keren bangeeeett!!! šŸ˜­šŸ¤Ž," sahut yang lain. "THE REAL PLOT TWIST.Ā INI REALLL??? KLO BENERAN JADIIN BIAS SIHšŸ˜­šŸ™šŸ»šŸ™šŸ»šŸ™šŸ»."

3 dari 4 halaman

Idol Gen 5

Kendati belum ada informasi lebih lanjut tentang TD dan tanggal debutnya, bahkan dari publikasi Korea Selatan seperti dilihat Rabu (17/4/2024), kemungkinan besar mereka akanĀ jadi idolĀ gen 5. Ini akan membuat Irene menyusulĀ Kimberley Fransa Salim alias Kim yang sudah lebih dulu debut bersama VVUP.

Grup itu merilis single pre-debutĀ Doo Doom Chit pada 13Ā Maret 2024 dan resmi debut tanggal 1 April 2024.Ā  KemunculanĀ Kim diĀ teaserĀ grup asuhanĀ egoENT ini menciptakan gelombang kehebohan di media sosial pada akhir Februari 2024.

"GUYSSS BANGUN TERNYATA KIM YANG PENYANYI DARI INDONESIA ITU BENERAN TERJUN KE KPOP AAAAA. Btw nama grupnya VVUP dan adaĀ Kim Hyun HeeĀ juga aaaašŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­," begitu bunyi cuitan akun X, dulunya Twitter, menfessĀ @starfess, Jumat, 23 Februari 2024.

Merujuk KProfiles, dikutip 24Ā Februari 2024, Kimberley lebih dulu memulai karier di Indonesia, sukses menempati peringkat ke-3 The Voice Kids Indonesia 2017. Ia juga berpartisipasi di kompetisi The Indonesian Next Big Star.Ā Gadis asal Jakarta ini akhirnya debut pada 22 Februari 2019, yang mana saat itu ia berusia 12 tahun, dengan merilis single Shine (ft. ELS & Willy Winarko), dengan nama panggung KIM!. Namun, Kimberely disebut mulai bernyanyi sejak berusia lima tahun.

4 dari 4 halaman

Idol K-pop dari Indonesia

SunbaeĀ berdarah Indonesia di dunia K-pop, yakniĀ Loudi, yang dulu merupakan personel Bleu tapi sekarang jadiĀ soloist.Ā Lalu, ada Malvin yang debut di Z-Boys dan Vanya untuk Z-Girl pada 2019.

Tidak ketinggalan, ada Dita Karang di Secret Number. Lalu, disusul Zayyan yang terjun ke dunia Kpop bersama XODIAC dengan single debutĀ Throw A DiceĀ pada 25 April 2023. Grup ini baru sajaĀ comebackĀ denganĀ album single kedua "XOUL DAY" pada 14 Maret 2024 tanpa Davin yang masih absen karena masalah pribadi.

Bagi Dita, kariernya tidak semata jadi idola K-pop. Tahun lalu, perempuan asal Yogyakarta itu digandeng KBRI Seoul untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Duta Besar RI di Seoul,Ā Korea Selatan,Ā Gandi Sulistiyanto, menyebut bahwa ini merupakanĀ salah satu fokus kerja sama dalam rangka peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea pada 2023.

Di kesempatan itu, pihaknya juga menggandeng aktis asal India, Anushka Sen. Dita dan Anusha merupakan artis yang berada di bawah naungan agensi Korea Selatan: Vine Entertainment dan Asia Lab Management.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.