Sukses

Pakai Mukena Biru Saat Salat Idulfitri di Solo, Penampilan Simpel Selvi Ananda Tuai Pujian Warganet

Saat salat Idul Fitri di Solo, Selvi Ananda tampak mengenakan mukena motif berwarna biru. Riasan wajah istri Gibran Rakabuming itu terlihat simpel tapi tetap terlihat anggun.

Liputan6.com, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka merayakan Lebaran atau Idulfitri 1445 H di Solo. Bersama anak dan istrinya Selvi Ananda, mereka salat Idulfitri di Halaman Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu, 10 April 2024.

Meski sudah menjadi wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming masih menjalani tugasnya sebagai Waki Kota Solo sampai dilantik menjadi wapres pada Oktober mendatang. Calon wakil presiden terpilih itu tiba sekitar pukul 06.15 pagi.

Ia berada di barisan depan bersama putra sulungnya, Jan Ethes. Sementara Selvi Ananda juga di barisan depan shaf perempuan bersama La Lembah Manah. Dilansir dari akun TikTok @beritasurakarta dan akun YouTube Berita Surakarta, Rabu, keluarga Gibran Rakabuming datang dengan pakaian senada warna krem kekuningan.

Gibran dan Jan Ethes juga mengenakan celana panjang hitam. Namun banyak warganet yang salfok (salah fokus) dengan penampilan Selvi. Pasalnya ibu dua anak itu tampak begitu menawan saat mengenakan mukena warna biru muda dengan motif floral. Ia juga memakai bawahan warna biru terang.

Pada cuplikan video yang diunggah akun TikTok @beritasurakarta, Selvi tampak mengenakan mukena motif berwarna biru. Riasan wajahnya terlihat simpel tapi tetap terlihat anggun.

Selvi tampak membantu putrinya mengenakan mukena warna pink. Video tersebut mengundang berbagai respons dari warganet. Sampai berita ini ditulis, unggahan di TikTok sudah dilihat lebih dari 3,8 juta kali dan disukai lebih dari 93 ribu kali.

"Istri mas gibran, cantik sekali pakai hijab," komentar seorang warganet.

“Mba Selvi Ananda cantik banget MasyaAllah," sahut warganet lain.

“Hanya mas Gibran yang bisa solat sambil Selvi,” kata warganet yang lain.

“Jan ethes sangat mandiri lucu amayyy🥺,” ujar warganet lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Idulfitri

Sementara itu, Presiden Jokowi (Joko Widodo) dan Ibu Negara Iriana memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada umat Islam di seluruh Indonesia. Jokowi mengajak masyarakat menjadikan momen Lebaran ini untuk saling memaafkan dan bersilaturahmi.

"Selamat hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ucap Jokowi dan Iriana yang tampak kompak menggunakan pakaian muslim berwarna putih, sebagaimana dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 9 April 2024Semoga di hari yang Fitri ini kita bisa saling memaafkan dan saling bersilaturahmi untuk merajut kembali persaudaraan menjadi bangsa yang rukun dan damai yang bersatu padu membangun Indonesia," sambung Jokowi.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin melaksanakan salat Idul Fitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, Rabu, 10 April 2024. Jokowi tiba bersama Ibu Negara Iriana.

Berdasarkan pantauan tim News Liputan6.com, Jokowi dan Iriana tiba di Masjid Istiqlal pukul 06.40 WIB. Sementara itu, Ma'ruf datang dengan didampingi sang istri, Ibu Wurry Estu Handayani.

Jokowi tampak mengenakan mengenakan kemeja bewarna putih dan peci hitam. Dia duduk di saf atau barisan depan bersama Ma'ruf Amin, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, dan sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Salat Id di Masjid Istiqlal

Sedangkan, Iriana memakai mukena bewarna putih. Dia bersama Ibu Wurry dan istri-istri menteri langsung menuju saf perempuan untuk menunaikan salat Idul Fitri. Menteri kabinet yang ikut salat di Masjid Istiqlal antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemanan Hadi Tjahjanto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dimulai pukul 07.00 WIB. Adapun Imam salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal yakni, Ahmad Husni Ismail. Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H. Abdul A'la Basyir akan bertindak sebagai Khutbah Idul Fitri. Tema khutbah yaitu, "Memperkuat Kebersamaan dalamMenjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa".

Selain dihadiri pejabat negara, salat Idul Fitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal juga diikuti duta besar negara sahabat dan masyarakat umum. Masyarakat sudah mulai memadati Masjid Istiqlal sejak pukul 05.30 WIB.Usai salat Idul Fitri, Jokowi menggelar open house di Istana Negara Jakarta.

Meski acara open house dimulai pukul 09.10 WIB, namun, para menteri sudah mulai berdatangan sejak pukul 08.55 WIB. Sementara itu, para warga mulai datang ke Istana pukul 06.30 WIB.

 

4 dari 4 halaman

Open Hiouse Jokowi

Meski acara open house dimulai pukul 09.10 WIB, nmun, para menteri sudah mulai berdatangan sejak pukul 08.55 WIB. Sementara itu, para warga mulai datang ke Istana pukul 06.30 WIB.Adapun warga masuk melalui pintu Sekretariat Negara di Jalan Majapahit.

Sedangkan, menteri dan pejabat negara lain masuk melalui pintu depan Istana Negara di Jalan Veteran Raya. Kemudian, mereka mengantre di satu jalur untuk bersalaman serta berfoto bersama Jokowi dan Iriana. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun ikut antusias mengantre untuk berlebaran dengan Jokowi dan Iriana.

Antrean tampak mengulur cukup panjang. Beberapa menteri pun membawa istri dan anak-anaknya untuk bersilaturahmi dengan Jokowi. Menteri-menteri yang hadir dalam acara open house ini antara lain, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto.

Kemudian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, hingga Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.