Sukses

Momen Zayyan XODIAC Rayakan Idulfitri di Seoul: Kapan Lagi Lihat Idol K-pop Makan Ketupat Lebaran

Di foto yang dibagikan, Zayyan XODIAC bahkan memakai baju koko dan membawa sajadah saat berjalan di Seoul, Korea Selatan di waktu Lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Zayyan XODIAC jadi salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang merayakan Lebaran di KBRI Seoul, Korea Selatan. Seperti yang lain, idol K-pop berusia 24 tahun ini terlihat ikut salat Idulfitri, bahkan menyantap ketupat Lebaran.

Momen ini dibagikan Zayyan di media sosial grupnya dan Mnet Plus Chat sebelum diunggah ulang banyak penggemarnya, bahkan akun menfess di X, dulunya Twitter. Di salah satu foto yang diunggah, ia terlihat mengenakan baju koko putih, sebagaimana kebanyakan umat Muslim saat Idulfitri. Atasan itu dipakai di bawah jaket kulit hitam.

Finalis Indonesian Idol musim 10 ini juga membawa sajadah biru yang dilipat dan diselipkan di tasnya. Zayyan terlihat berfoto di bawah pohon sakura yang mulai mekar di ibu kota Korea Selatan. "Selamat idulfitri," tulisnya disertai emoji senyum dan hati berwarna kuning.

Di foto berbeda, Zayyan terlihat menyantap makanan khas Lebaran, yakni ketupat, olahan daging, dan sayur bersantan. Foto-foto itu pun mengundang ragam komentar dari para penggemar. Salah satunya menulis, "Kapan lagi liat idol ngerayain idul fitri, mana tadi pap abis sholat ied juga, bawa sajadah, kapan lagi liat idol bawa sajadah 😭😭."

"Mau nambah opor ke rumahku gak bang??" goda pengguna lain. "Baru ini liat idol makan ketupat woylah😭😭🙏🏻" sahut warganet berbeda. "Jadi kepikiran, tahun lalu berarti zayyan lebarannya pas masih trainee? Pasti berat banget, walaupun tahun ini ttp gabisa pulkam tapi sekarang dia bisa share kegiatan Lebarannya ke publik, selamat lebaran zayyan."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Hanya di Seoul

Zayyan sebenarnya mengikuti agenda tahunan yang selalu diselenggarakan KBRI Seoul setiap Lebaran maupun perayaan besar lain. Di waktu-waktu itu, WNI di sana biasanya akan berkumpul untuk merasakan sekeping nuansa kampung halaman, kendati berada jauh dari rumah.

Tidak hanya di Seoul, agenda serupa juga dijadwalkan di KBRI di berbagai negara, termasuk Jepang. Bertepatan dengan puncak mekarnya bunga Sakura di Tokyo, warga Muslim Indonesia di Jepang merayakan Idulfitri dengan kegiatan salat Idulfitri dan silaturahmi, lapor laman Kementerian Luar Negeri (Kemlu).

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar open house Idulfitri di kediaman Duta Besar RI Tokyo pada Rabu, 10 April 2024. Lebih dari tiga ribu warga dan diaspora Indonesia antre untuk dapat bersilaturahmi langsung dengan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi.

Silaturahmi Lebaran KBRI Tokyo ini digelar setelah pelaksanaan salat Idulfitri di Masjid Indonesia Tokyo (MIT) dan Balai Indonesia, Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT). Dubes Heri, yang didampingi istrinya Nuning Akhmadi, menyatakan rasa syukur atas terselenggaranya silaturahmi Lebaran KBRI Tokyo untuk kali pertama pasca-pandemi COVID-19. 

3 dari 4 halaman

Open House Saat Lebaran

Dubes Heri berkata, "Lebaran kali ini kita diberkahi matahari yang terang dan Sakura yang mekar pada puncaknya, sehingga kekhidmatan beribadah diiringi suasana cerah dan gembira. Kami sangat bersyukur dengan anugerah ini bagi WNI di Jepang. Pada para warga, saya sampaikan agar tetap menjalin silaturahmi dan memperkuat kerukunan, serta terus menjaga nama baik Indonesia."

"Dengan meningkatnya jumlah warga Indonesia, kami ingin mendorong warga Indonesia lebih meningkatkan silaturahmi dan gotong royong. Saya pastikan, KBRI Tokyo senantiasa melakukan pemberdayaan dan pelindungan Warga Negara Indonesia di Jepang. Jangan lupa lapor diri di Portal Peduli WNI bagi yang belum," imbuhnya.

Terkait acara open house dsaat Lebaran, salah satu WNI yang sudah dua tahun tinggal di Tokyo, Kiara, mengatakan, "Acaranya seru dan hangat banget. Apalagi kita jauh dari rumah. Senang bisa kumpul bersama orang-orang Indonesia."

Demi mengurangi kepadatan arus antrean warga di jalur jalan menuju Wisma Duta, Aula Gedung KBRI Tokyo dibuka untuk menampung ribuan WNI yang ikut dalam gelaran Silaturahmi Lebaran KBRI Tokyo. Usai bersalaman dan berfoto dengan Dubes Heri, para warga berkesempatan menikmati hidangan kuliner Indonesia. 

4 dari 4 halaman

XODIAC Comeback

Sementara itu, Zayyan merayakan Lebaran usai XODIAC comeback. Agensi grup, Jacso Entertainment, sebelumnya mengonfirmasi bahwa grup itu merilis album single kedua "XOUL DAY" pada 14 Maret 2024 tanpa Davin yang masih absen karena masalah pribadi.

Melansir KBS, album ini terdiri dari tiga lagu, yaitu CREME BRULEE, WONDERFUL TONIGHT, dan single utama HEY DAY yang dirilis dalam rangka menyambut ulang tahun debut pertama XODIAC. HEYDAY disebut sebagai lagu yang diciptakan khusus untuk para penggemar XODIAC, X-BLISS.

Dalam rangka mempromosikan album single terbaru mereka, XODIAC sempat merilis teaser berupa seri film pendek "[XOUL DAY] DRAMA" yang terdiri dari tiga episode. "Sejak syuting drama web setelah debut, semua member jadi tertarik dengan akting," ungkap Lex. "Merasakan berbagai ekspresi dan emosi yang berbeda dari di atas panggung merupakan sesuatu yang sangat menyegarkan."

Sebagai catatan, XODIAC debut pada April 2023 dengan sembilan personel, yaitu Lex, Hyunsik, Beomsoo, Gyumin, Davin dan Wain dari Korea, Sing dan Leo asal Hong Kong, dan Zayyan dari Indonesia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.