Sukses

Wulan Guritno Pamer Hamper Lebaran dari Prabowo, Apa Isinya?

Tidak hanya pada pesohor, sebelumnya Prabowo juga telah berbagi hamper Lebaran untuk warga di sekitar kediamannya di Hambalang, Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Tradisi mengantarkan hamper Lebaran terus berlanjut sampai hari ini, dan Wulan Guritno jadi salah satu yang berbagi sejumlah hantaran Idulfitri yang diterimanya. Salah satunya, aktris berusia 42 tahun ini kedapatan mendapat parsel dari Prabowo.

Berbagi di Instagram Story-nya, Senin, 8 April 2024, ia menulis, "Terima kasih bapak @prabowo. Selamat Hari Raya Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin." Bersama keterangan itu, ia berbagi foto hamper, lengkap dengan kartu ucapan yang terlihat ditandatangani Menteri Pertahanan itu.

Apa isi parselnya? Alih-alih kue kering seperti hantaran Lebaran kebanyakan orang, ayah satu ini memilih memberikan beragam sayuran, mulai dari ragam selada, wrotel, sampai tomat ceri. Tidak ketinggalan, ada pula sekeranjang telur dan dua buah botol minuman yang kemungkinan besar berbahan buah dan sayur.

Hantaran sarat bahan-bahan kaya anti-oksidan ini juga dilengkapi hiasan bunga tulip putih nan cantik. Menurut Interflora.co.nz, dikutip Selasa (9/4/2024), bunga itu bermakna pengampunan, rasa hormat, kesucian, dan kehormatan. Karena itu, tulip putih disebut sebagai pilihan sempurna untuk meminta maaf maupun simbol perayaan keagamaan.

Tidak hanya pada pesohor, sebelumnya Prabowo juga telah berbagi parsel Idulfitri untuk warga. Ia memang disebut punya agenda rutin bagi-bagi sembako pada warga di sekitar kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, jelang Lebaran. Isi parsel Lebarannya pun diungkap akun TikTok @siscaandrianny77, baru-baru ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagi-Bagi Sembako

"Isinya banyak banget, sangat membantu masyarakat, terimakasih banyak BAPAK, moga BAPAK selalu sehat panjang umur,” tulis pemilik akun TikTok itu di unggahan yang dibagikan pada Minggu, 7 April 2024. Setiap warga yang hendak mengambil hamper Lebaran dari Prabowo dikatakan harus memiliki kupon.

Tertera tulisan, "KUPON SEMBAKO," dengan logo Partai Gerindra dan foto Prabowo di ujung yang berbeda. Tertulis pula ucapan, "Selamat Hari Raya Idul Fitri," di bagian tengah kupon. "Aku spill sembako yang rutin dibagikan bapak Prabowo Subianto," tutur akun tersebut.

Di rekaman, terlihat ada sekantong beras yang diklaim sebagai Beras Premium Pulenwangi. Lalu, terdapat pula bahan pokok lain, seperti minyak goreng kemasan isi ulang, gula pasir, serta tepung terigu. Tidak ketinggalan, ada pula sebotol sirup, kecap manis, biskuit kalengan, delapan bungkus mi instan, kornet kaleng berukuran sedang, sekotak teh celup, serta kental manis.

Namun, yang mencuri perhatian adalah sekotak kurma Tunisia bermerek Saheera dan sarung tenun dari merek ternama. Melihat produk-produk tersebut, hantaran Lebaran itu diduga bernilai sekitar Rp500 ribu per paket.

 

3 dari 4 halaman

Parsel Lebaran Raffi Ahmad

Seperti Prabowo, artis pendukungnya, Raffi Ahmad juga berbagi hamper Lebaran untuk karyawan perusahaannya, RANS Entertainment.  Akun TikTok @alis.kariani menulis, "Bingkisan Lebaran 2024 dari kantor Rans Entertainment. Alhamdulilah," sebagai keterangan rekaman yang dibagikan Rabu, 3 April 2024. Awalnya, klip tersebut memperlihatkan tas bertuliskan "RANS" di bagian luarnya.

 Ia kemudian memperlihatkan isi hamper berupa sembako, mulai dari teh celup, SKM, gula, ragam biskuit, sirup, kopi, sampai minyak goreng, dengan nilai diduga Rp250 ribu per paket. Sekilas, isi hamper Idulfitri ini normal saja sampai warganet menyoroti beberapa di antaranya merupakan produk terafiliasi Israel.

"Pas awal mau buka bingkisan ikutan nyengir, pas udah keluar yang pertama langsung makjleb," sebut warganet merujuk pada produk teh celup yang dikeluarkan di awal rekaman. "Ada beberapa produk (terafilisasi) Israel ya. Sayang banget," sambung yang lain.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengarahkan umat Muslim berpantang dari apapun yang diproduksi dan dipasarkan secara masif oleh perusahaan lokal maupun internasional yang terafiliasi dengan Israel, lapor kanal News Liputan6.com. Ini, kata pihaknya, termasuk untuk konsumsi sahur, berbuka puasa, dan barang hantaran Lebaran.

4 dari 4 halaman

Pelajari Program Makan Siang Gratis

Sementara itu awal bulan ini, Prabowo dilaporkan mempelajari budaya pemberian makan siang gratis di sekolah di Beijing, China, Selasa, 2 April 2024. Itu dilakukannya saat kunjungan ke Negeri Tirai Bambu sebagai Menteri Pertahanan, lapor Antara, dikutip 5 April 2024.

Makan siang gratis di China bukanlah program jangka pendek. Menurut Nikkei Asia, segalanya berubah sejak 2011, ketika pemerintah negara itu memulai program yang belum pernah ada sebelumnya yang dirancang untuk meningkatkan gizi bagi anak-anak di wilayah pedesaan yang luas.

Prabowo melihat kantin sekolah di China yang menyediakan makan siang gratis untuk siswanya. Menurut dia, makan siang gratis yang disediakan pihak sekolah bersih dan bergizi. Berbagai menu makanan sehat tersaji rapi, seperti protein hewani, sayur-sayuran, serta makanan ringan. "Sangat sehat," kata Prabowo saat melihat menu yang disantap oleh para siswa.

Tidak hanya itu, Prabowo juga sempat melihat beberapa ruang kelas di sana. Prabowo juga menyempatkan berbincang dengan beberapa siswa. Di akhir kunjungannya, ia memberi cendera mata berupa pin pada pihak sekolah. "Suvenir. Jadi, Anda tidak akan melupakan saya," kata Prabowo sambil tertawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini