Sukses

Desta Bacakan Puisi Ruang Hijau Karya Natasha Rizky yang Viral di TikTok, Maknanya Terungkap

Puisi "Ruang Hijau" Natasha Rizky sempat ramai jadi perbincangan warganet karena diduga menggambarkan suasana ruang sidang perceraian dengan Desta.

Liputan6.com, Jakarta - Natasha Rizky bercerita banyak hal saat hadir sebagai bintang tamu di program YouTube Vincent dan mantan suaminya, Desta. Salah satunya, ia membahas puisi yang sempat ramai jadi perbincangan warganet karena diduga menggambarkan suasana ruang sidang perceraian dengan pria berusia 47 tahun tersebut.

Topik ini berawal saat Vincent memperkenalkan buku puisi baru yang dirilis ibu tiga anak itu, Kamu Tidak Istimewa. Caca, sapaan akrab Natasha, kemudian menjelaskan bahwa itu buku ketiganya, yang seperti buku keduaya Catatan Kronik, sepenuhnya memuat puisi.

"Buku Aca (panggilannya) dua-duanya self improvement. Jadi lebih tentang kehidupan, relatable untuk sehari-hari kita menghadapi proses kehidupan tuh kayak bagaimana," ucapnya di video yang dibagikan pada Senin, 8 April 2024. Desta kemudian menyebut bahwa ada satu puisi karya Caca berjudul "Ruang Hijau" yang viral di TikTok.

"Aku bacain ya," kata Desta, yang dijawab, "Boleh. Itu aneh sih sebetulnya kalau kamu yang baca, tapi ya sudahlah" oleh Caca. Menghela panas panjang, sambil sesekali tetap bercanda dengan Vincent, Desta mulai membaca puisi berbunyi:

"Ruang hijau.

Aku masih ingat betul pukul 10 pagi memasuki ruang hijau.

Menduduki kursi yang membuat kedinginan, di depannya ada meja kecil untuk bertumpu beban-beban yang sebenarnya angkat tangan.

Jari-jariku melipat-lipat dan menekan-nekan, keringat halus berjatuhan, tapi seperti enggan untuk tampil.

Malu, karena tak ingin terlihat hancur.

Lalu, di depannya ada beberapa sosok analisis. 

Entah itu kontradiksi, tetapi hatiku hendak berangkat.

Belum lagi air mata meringis kecil kesakitan, disangka kering, ternyata tidak kokoh bendungannya.

Aku melihat ke arahnya dengan pelipis mataku ... Ampun, ini di dalamnya berdarah-darah.

Hampir mati.

Dia terlihat biasa saja, ringan.

Tubuhku gontai terambang cedera yang jelas.

Tadinya aku masih berharap dia yang akan membangun narasi perjuangan.

Namun kenyataannya, aku hanya memanjangkan angan-angan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Puisi

Setelahnya, Natasha Rizky bertepuk tangan, mengapresiasi Desta yang telah membacakan karyanya. Mantan personel Clubeighties itu kemudian bertanya, "Sebenarnya makna puisi ini apa? Aku sih sebenarnya bisa menebak."

Caca menjawab, "Ini tuh sebenarnya poinnya adalah kita terlalu berharap sama orang yang kita cintai sampai akhirnya kita kecewa dengan orang yang kita cintai." Mendengar itu, Desta mau menjawab dengan puisi pula. Ia berkata, "'Dia terlihat biasa saja, ringan.' Itu yang kamu tahu, kan. Tidak seringan itu."

Desta sebenarnya terlihat masih ingin melanjutkan, tapi sudah disela Vincent, dan disambut tawa audiens. Caca pun berterima kasih pada mantan suaminya yang telah jadi salah satu inspirasi di kedua buku terakhirnya.

Ini sebenarnya bukan kali pertama puisi karya Caca jadi perbincangan di tengah gejolak hubungan dengan Desta. Pada Mei 2023, topik seputar perpisahan pasangan selebritas Desta dan Caca tengah memenuhi media sosial. Di antara banyak yang mengaku kaget, tidak sedikit warganet yang "nyesek" karena Desta gugat cerai Caca, perempuan yang sudah dinikahinya selama 10 tahun.

3 dari 4 halaman

Puisi Natasha Rizky

"Kode" masalah rumah tangga mereka yang dikenal adem ayem pun diperbincangkan warganet, termasuk puisi sedih yang ditulis Caca yang menyinggung soal perpisahan. Perempuan yang menikah dengan Desta pada 2013 ini sudah menerbitkan beberapa buku, termasuk Catatan Kronik pada Agustus 2022.

Di jagat maya, warganet berbagi salah satu puisi di sana, berjudul "Pura-Pura." "Aku ingin pura-pura lupa bahwa sebentar lagi semuanya akan tamat," begitu bunyi awal tulisan yang dimaksud. "Aku ingin pura-pura lengah, sebenarnya cerita yang susah payah dirangkai mau angkat kaki. Aku ingin pura-pura lalai. Sesungguhnya cinta yang dulu ambisius, penuh kejaran, dan perasaan candu nyatanya cukup prihatin."

"Aku ingin pura-pura lena. Sejujurnya cerita kita akan jadi nostalgia. Sebatas itu. Sampai jumpa lagi," tandasnya. Mendapati itu, tidak sedikit warganet yang mengaku ikut sedih. "Sumpah ikut nyesek bacanya. Apa ini sebenarnya kode dari Caca?" komentar seorang pengguna X, dulunya Twitter.

4 dari 4 halaman

Mengasuh Anak Bersama

Meski telah berpisah, Caca dan Desta mengaku menjalin hubungan baik, termasuk untuk tetap bersama mengasuh tiga anak mereka. Pujian tentang bagaimana masing-masing jadi ayah dan ibu yang baik bagi anak-anak pun terlontar dari mulut mereka.

Caca berkata, "Sebenarnya kalau parenting ya Aca masih belajar banget, sampai kapan pun Aca akan belajar jadi orangtua. Aca juga kadang belajar dari mereka (anak-anak). Co-parenting Aca dan Desta semua lancar. Maksudnya, Desta tuh masya Allah dia ayah yang baik banget buat anak-anak."

Sambil menangis, ia mengatakan bahwa Desta selalu siaga untuk anak-anak mereka. "Aca selalu bilang sama mereka, 'Megumi, Miska, Miguel, Allah itu kan ngasih kita nikmat banyak banget, enggak terhitung. Misalnya dari 10, Allah mungkin ambil satu kenikmatan kita. Bukan berarti kita hancur ... Mungkin ujian Megumi, Miska, Miguel sekarang A, nanti akan ada lagi kenikmatan-kenikmatan lain yang diberikan Allah," bebernya.

Desta pun memuji bahwa pola asuh Caca sangat keren. "Ibunya lebih tegas, gue memanjakan gitu. Untungnya selama ini balance," sebut dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini