Sukses

Tampilan Sandra Dewi Saat Diperiksa Kejagung, Pilih Busana Putih Sambil Tebar Senyuman

Sandra Dewi hadir sebagai saksi kasus dugaan korupsi PT Timah Tbk yang menjerat suaminya, Harvey Moeis.

Liputan6.com, Jakarta - Artis Sandra Dewi memenuhi panggilan Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus korupsi usaha pertambangan yang menimpa suaminya, Harvey Moeis pada Kamis (4/4/2024). Pemeriksaan merupakan yang pertama setelah suaminya ditetapkan sebagai tersangka.

Aktris berusia 40 tahun itu diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk pada 2015-2022. Pemeran film Quickie Express itu tampil mengenakan busana semi formal yang santai, berupa atasan kemeja berkerah warna putih.

Dengan lengan hanya sampai di siku, kemeja itu juga memiliki aksen rempel dan puff yang jatuh. Kemeja berbahan satin itu tampak luwes dikenakan Sandra dan memiliki karet pada bagian pinggangnya.

Ibu dua anak ini memadupadankan atasan tersebut dengan celana palazzo hitam keabuan yang terlihat lebar dari pinggang hingga pergelangan kaki. Tampak santai, Sandra juga mengenakan sepatu sporty warna putih saat berjalan ke pintu masuk Gedung Kejagung yang berlokasi di kawasan Jakarta Selatan. 

Meski penampilannya terkesan santai, rona dari riasan matanya dan sapuan lipstik merahnya tetap menonjol. Dengan makeup itu, wajah wanita bernama lengkap Monica Nicholle Sandra Dewi Gunawan Basri itu terlihat segar.

Sementara itu, tatanan rambutnya yang panjang sepundak dibiarkan tergerai dan dibelah pinggir. Dari jauh sebelum sampai di depan pintu masuk dan menghadapi kamera para awak media, Sandra sudah menebar senyum. Bahkan ketika akan masuk ke dalam ruangan pemeriksaan Kejagung, ia memberikan simbol tanda hati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tersenyum dan Minta Didoakan

Diketahui Sandra tiba di gedung Kejaksaan Agung, sekitar pukul 09.25 WIB. Mengutip Antara, saat akan masuk, ia menyapa awak media dengan senyum sambil mengatakan, "Doakan ya".

Direktur Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung, Kuntadi, mengonfirmasi bahwa mereka memanggil Sandra Dewi sebagai saksi. Suami Sandra Dewi ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu, 28 Maret 2024.

Selain dengan dugaan melakukan korupsi, Harvey Moeis juga dikenakan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU). Selain Sandra Dewi, pihak penyidik juga telah memeriksa 174 saksi lainnya dan menetapkan 16 tersangka, termasuk pengusaha tambang timah dan pejabat perusahaan. 

Jampidsus pun menemukan mobil mewah dan barang berharga lainnya selama penggeledahan di rumah Sandra Dewi dan suaminya. Ya, selain kasus dugaan korupsi yang merugikan negara hingga Rp271 triliun, barang mewah serta kendaraan pribadi Sandra dan suami juga menjadi sorotan, seperti Mini Cooper dan Rolls-Royce.  

3 dari 4 halaman

Mobil Hadiah Ulang Tahunnya Disita

Kendaraan tersebut diduga adalah Mini Cooper jenis Countryman S lima pintu, dengan harga sekitar Rp1 miliar. Fiturnya meliputi keselamatan aktif dan pasif, serta fitur kenyamanan seperti Parking Assist dan Rearview Camera.

Sebelumnya, wanita kelahiran Pangkal Pinang ini juga menerima Rolls-Royce Culinan, mobil mewah asal Inggris dengan mesin 6.750cc 12 silinder. Kendaraan ini memiliki fitur dan teknologi premium, dan harganya mencapai hingga Rp16 miliar.

Namun, saat ini kedua kendaraan tersebut disita oleh Kejaksaan Agung sebagai barang bukti dalam kasus korupsi yang menjerat suami Sandra, yang diduga terlibat dalam tambang ilegal timah di Bangka Belitung.

Proses pemeriksaan ini terkait dengan kasus korupsi di bidang tambang yang melibatkan beberapa pihak, termasuk suami Sandra Dewi. Tidak menutup kemungkinan artis tersebut juga dimintai keterangan oleh penyidik.

Video kedatangan Sandra Dewi ke Kejaksaan Agung pun viral. Warganet langsung menyorot ekspresi wajah Sandra yang penuh senyuman.

"Mentang2 indonesia negara teramah... para korup*** pun saat terjerat kasus masih bisa senyum semringah smbil dadah2.hebat," kata salah satu warganet di YouTube.

"Bahagia sekali pelaku penikmat hasil koru**** 😂😂😂😂😂 Penista negara masih tersenyum bahagia," ujar seorang warganet.

4 dari 4 halaman

Viral Video Lama Sandra Dewi

Sejumlah video Sandra Dewi menjalani kehidupan serba mewah jauh sebelum suaminya ditangkap banyak beredar di media sosial. Keluarga Sandra dan Harvey dikenal sangat royal, termasuk kepada para pengasuh anak-anaknya.

Dalam rekaman video yang pernah viral diunggah Sandra di akun Instagramnya pada 2019, ia merekam momen saat anak pertamanya, Raphael Moeis bersama tiga pengasuhnya. Sandra diyakini mempekerjakan tiga babysitter untuk mengasuh satu anaknya.

Ketiga pengasuh itu punya tugas yang berbeda-beda. Saat sedang syuting iklan bersama, Sandra meemperlihatkan tiga pengasuhnya menjaga Raphael. Salah satu pengasuh terlihat menggendong Raphael, sementara pengasuh lainnya menyuapi anak tersebut. Sementara, pengasuh ketiga bertugas mengajak Raphael bermain supaya tetap ceria ketika makan.

Gaji pengasuh anak Sandra Dewi pun sempat bikin heboh beberapa tahun lalu. Hal itu pun dibahas saat wanita 40 tahun itu jadi bintang tamu di program TS Talks di kanal YouTube TS Media pada 24 Juli 2021. Sandra mulanya bercerita tentang pengasuh yang tiba-tiba mengundurkan diri.

Alasannya bukan karena kesalahan atau perlakuan tak menyenangkan dari Sandra dan keluarganya, namun bonus yang diberikan Harvey dianggap terlalu banyak. Permintaan berhenti itu diketahui Sandra seusai ia pulang dari Jepang. Pengasuh itu ,mengungkapkan, bonus yang diterimanya sudah cukup dan merasa tidak perlu bekerja di sana lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini