Sukses

Potret Annisa Pohan Padankan Batik dengan Aksesori Rilisan Rumah Mode Mewah Seharga Rp52 Juta Saat Hadiri Fashion Show UMKM

Ini bukan kali pertama Annisa Pohan memadankan busana bernuansa tradisional dengan aksesori mewah rilisan rumah mode dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Annisa Pohan jadi salah satu figur publik yang rajin berbagi ragam kegiatannya secara online. Yang terbaru, istri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini kedapatan menyambangi acara fashion show yang memperlihatkan ragam busana kreasi UMKM.

Di unggahan Instagram-nya, Kamis, 28 Maret 2024, menantu SBY ini menulis, "(26/3) saya menghadiri undangan dari Ketua Umum Jalasenastri, Ibu Fera Muhammad Ali, pada kegiatan Fashion show Jala Craft di kantor PP Jalasenastri. Acara yang berjalan meriah ini dihadiri oleh ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Ibu Hetty Andika Perkasa, Ketum Dharma Pertiwi, dan tamu undangan lain."

Di kesempatan itu, ibu anak satu ini tampil menawan dengan gaun batik panjang biru berdetail lengan balon nan apik. Fesyen sarat wastra ini dipadukan Annisa dengan aksesori mewah rilisan merek internasional. Salah satunya adalah heels rilisan Bottega Veneta dalam seri Brown Leather Heels Pumps.

Menurut laman Tinkerlust, dikutip Jumat (29/3/2024), deskripsi alas kaki tersebut berbunyi, "Kulitnya halus dan lembut, sangat kokoh dan nyaman dipakai." Desain tanpa aksen mencolok membuatnya cocok dipakai ke berbagai kondisi, sementara warna netralnya membuat Annisa lebih leluasa memilih busana padanannya. 

Sepatu hak tinggi ini dibanderol sekitar Rp8,3 juta. Berpadu selaras dengan itu adalah tas selempang Hourglass XS Croc Embossed Bag dari Balenciaga. Merujuk situs web merek tersebut, rangkaian Hourglass disebut sebagai interpretasi siluet khas dari arsip Balenciaga, pinggang Basque.

"Struktur tas juga bergantung pada ruang negatif: alas melengkung yang ditandai dengan huruf B yang menggantung," pihaknya menambahkan. Item seharga sekitar Rp44 juta ini tidak hanya bisa dibawa dengan ditenteng, namun juga disampirkan sebagai tas selempang karena dilengkapi tali panjang yang bisa dipasang maupun disesuaikan penggunanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Penampilan Annisa Pohan kian bersahaja dengan pulasan makeup natural yang menunjang tatanan rambut panjangnya yang biarkan tergerai bebas. Dalam keterangan, ia juga menulis, "Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi bagi seniman dan para designer nusantara yang telah menciptakan karyanya."

"Dunia fashion menginspirasi kita smua untuk berani menggali potensi kreatif dalam diri. Ini bukan hanya tentang busana, karena ada cerita dibalik setiap karya, hingga ke detail motifnya. Selain kegiatan fashion show, terdapat stand pameran produk kerajinan, makanan dan UMKM yang yang ada di Jala Craft 2024."

"Kegiatan ini bertujuan mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh pelaku UMKM, dimana 70 persen pelaku UMKM adalah perempuan. Women support women, itulah yang dilakukan perempuan yang berorganisasi untuk mendukung sesama perempuan. Dengan begitu, perempuan bisa terus berpartisipasi dalam memajukan pertumbuhan ekonomi nasional," tandasnya.

Ini tentu bukan lai pertama ia mengombinasikan busana bernuansa tradisional dengan aksesori merek internasional. Gaya serupa sudah diperlihatkan Annisa saat mendampingi suaminya dilantik jadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN di Istana Negara, Jakarta, 21 Februari 2024.

3 dari 4 halaman

Tampilan Anggun Annisa Pohan

Di kesempatan itu, Annisa Pohan tampil anggun dalam balutan kebaya brokat biru muda berpadu kain batik didominasi warna hitam-cokelat sebagai padanan serasi. Tidak ketinggalan, ia juga menyanggul rapi rambutnya dan memakai ragam aksesori, mulai dari sepasang anting, cincin, kalung, sampai menenteng tas tangan.

Handbag cokelat itu merupakan rilisan jenama mewah berspesialisasi dalam produk berbahan kulit asal Belgia, Delvaux. Mengutip situs webnya, 22 Februari 2024, tas Annisa merupakan seri Tempete MM yang dideskripsikan sebagai "tas pahatan yang luas dengan tali bahu yang dapat dilepas dan disesuaikan."

"(Tas ini) dibuat dari kulit Crispy Calf dalam warna Tourterelle dan Ivory yang dilengkapi dengan perangkat keras logam perak," imbuhnya. Dengan status pemesanan pre-order, tas itu dibanderol 7.350 dolar AS (sekitar Rp115 juta).

Melengkapi gaya, Annisa dirias makeup artist (MUA) kenamaan Barry Irawan. Di akun Instagram-nya, Barry berbagi video tampilan akhir ibunda Almira Tunggadewi Yudhoyono tersebut.

4 dari 4 halaman

Mendukung AHY

MUA itu terlihat memberi sentuhan sedikit bold dengan eyeshadow kecokelatan dan membingkainya dengan bulu mata yang dramatis. Demi mempertahankan kesan elegan, Barry memulas lipstik mauve natural dengan kesan glossy pada bibir menantu mantan presiden SBY tersebut.

Penampilan Annisa serasi dengan putrinya yang juga hadir di kesempatan itu. Di antara mereka, AHY tampil gagah dengan setelan jas gelap berpadu kemeja putih, dasi merah, dan kopiah hitam. Menandai istrinya di unggahan Instagram, AHY menulis, "Ya Allah, berilah saya dan keluarga kekuatan, petunjuk, dan bimbingan untuk terus memberikan karya terbaik bagi rakyat, bangsa, dan negara sebagai bukti bakti saya pada Almamater tercinta, Lembah Tidar."

Dukungan pada sang suami memang kerap diperlihatkan Annisa. Ia bahkan sempat membalas pujian Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Titiek Soeharto, yang menyebut AHY sebagai "menteri paling ganteng" di sebuah unggahan di akun Instagram-nya, 9 Maret 2024.

"Masya Allah, matur sembah nuwun (terima kasih sekali) ibu," balas finalis Gadis Sampul tahun 1997 tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.