Sukses

6 Rekomendasi PO Penyedia Sleeper Bus Mewah, Alternatif Moda Transportasi Mudik Lebaran

Bila Anda sudah kehabisan tiket kereta dan pesawat, tak ada salahnya mencoba bus sleeper sebagai alternatif moda transportasi mudik lebaran tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Berencana mudik pada lebaran tahun ini tapi sudah kehabisan tiket kereta atau tiket pesawat? Perjalanan darat menjadi alternatif yang paling masuk akal untuk dilakukan. Bila membawa kendaraan sendiri dianggap merepotkan, bagaimana bila mencoba naik sleeper bus?

Bus tipe ini bisa memberi kenyamanan lebih kepada penumpang karena bisa selonjoran bahkan tidur di dalam bus. Karena tingginya permintaan dan minat pengguna bus terhadap tempat duduk tipe sleeper ini, sejumlah perusahaan otobus (PO) ramai-ramai menyediakan layanan sleeper yang dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai. Beberapa dari PO di bawah ini bisa jadi rekomendasi dalam memilih sleeper bus yang sesuai kebutuhan.

1. Rosalia Indah

Perusahaan travel asal Karanganyar, Jawa Tengah ini sudah tak asing lagi bagi para pengguna sleeper bus. Selain menawarkan rute yang beragam, Rosalia Indah juga menghadirkan tipe First Class yang memakai double decker bus sebagai armadanya. Kelas ini menawarkan berbagai fasilitas mewah, seperti dikutip dari laman rosalia-indah.co.id, Senin, 25 Maret 2024.

Setiap kursi disediakan selimut, bantal, guling, tempat duduk yang bisa direbahkan hingga air minum isi ulang gratis di dalam bus. Jenis kelas ini juga menawarkan pemesanan makanan di dalam bus sehingga tidak perlu lagi untuk antre makanan di tempat pemberhentian. Terdapat LCD TV untuk menghibur penumpang selama perjalanan.

Harga yang ditawarkan tergantung pada rute yang dipilih. Untuk rute Jakarta-Yogyakarta dikenakan harga Rp450 ribu per penumpang, sedangkan rute  Jakarta-Surabaya ditawarkan di harga Rp750 ribu. Pemberangkatan kedua rute ini dimulai dari Terminal Kampung Rambutan dan berangkat pada pukul 7 pagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sinar Jaya

Perusahaan travel bus lain yang cukup populer dan banyak diminati untuk perjalanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) adalah PO Sinar Jaya. Layanan bus penumpang yang berpusat di Cibitung, Bekasi ini memiliki banyak rute dan kelas untuk penumpang yang ingin mudik.

Khusus jenis kelas sleeper dinamakan Suite Class. Masing-masing tempat duduk mendapatkan box pembatas. Dengan bus bertipe super high double decker dan konfigurasi tempat duduk 1-1, layanan sleeper Sinar Jaya memberikan berbagai fasilitas yang nyaman seperti, bantal, selimut, LCD TV personal, stop kontak, dan portal USB di masing-masing tempat duduk. 

Sinar Jaya menawarkan harga yang sedikit lebih murah ketimbang Rosalia Indah. Mengutip laman penjualan tiket RedBus, perjalanan searah dari Jakarta ke Yogyakarta dipatok harga Rp400 ribu per penumpang, sedangkan untuk rute Jakarta-Surabaya dihargai Rp530 ribu. 

Selain melayani rute di Pulau Jawa, Sinar Jaya juga menawarkan rute perjalanan Jakarta-Palembang seharga Rp980 ribu. Titik mulai perjalanannya pun bisa dari beberapa tempat, seperti Terminal Pulo Gebang, Kemayoran, hingga Terminal Lebak Bulus tergantung dengan tiket yang dipesan.

 

3. Agra Mas

Bus yang satu ini mungkin sering kita lihat berlalu lalang dalam tol antar-kota dengan warna merahnya yang ikonik. Selain melayani perjalanan jarak dekat dan menengah, Agra Mas juga memiliki layanan bus AKAP yang bervariasi, termasuk tipe sleeper bus bernama Suite Class Combination yang berkonfigurasi tempat duduk 2-1 dan jenis bus super high double decker yang nyaman.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan antara lain, layanan restoran makan gratis, layar interaktif yang bisa memutar lagu, film, dan permainan, toilet, selimut, dan tempat air minum di masing-masing seat.  Tipe suite class combination ini melayani relasi Jakarta-Wonogiri dan Jakarta-Surabaya dengan harga yang relatif terjangkau.

Dilihat dari situs penjualan tiket RedBus, Suite Class Combination untuk rute Jakarta-Wonogiri dikenakan tarif seharga Rp500 ribu, sedangkan rute Jakarta-Surabaya berada di angka Rp680 ribu per kursi. Pemberangkatan dari Jakarta biasa dimulai dari Loket Agra Mas Cililitan, namun Anda juga bisa memilih lokasi pemberangkatan lain sesuai kebutuhan.

3 dari 4 halaman

4. Juragan 99 Trans

PO Juragan 99 Trans yang tengah banyak dibicarakan belakang ini dibangun oleh Gilang Widya Pramana, entrepreneur dan influencer asal Probolinggo yang juga sukses membangun gurita bisnis kecantikan MS Glow. PO ini menawarkan perjalanan AKAP dari Jakarta ke beberapa kota di Jawa Timur hingga Bali dengan salah satu pilihannya adalah tipe sleeper bus yang nyaman.

Menengok laman Instagram resmi @juragan99trans, fasilitas yang ditawarkan untuk bus tipe sleeper ini tidak main-main. Dengan konfigurasi tempat duduk 1-1 dan model super double decker, Juragan 99 Trans menawarkan berbagai fasilitas mewah seperti dispenser dan kulkas di dalam bus, toilet yang bisa digunakan untuk buang air besar dan kecil, piyama, tempat sepatu, compartment privasi yang bisa ditutup.

Dengan fasilitas kelas atas yang diberikan, satu tiket bus Juragan 99 Trans rute Jakarta-Malang dan Jakarta-Surabaya dipatok harga Rp840 ribu untuk tempat duduk lantai dua dan Rp810 ribu untuk sleeper di deck bawah. PO ini belum melayani rute selain ke kota-kota Jawa Timur.

 

5. Harapan Jaya

Perusahaan Otobus satu ini memiliki rute pelayanan yang panjang, mulai dari Jakarta hingga Malang dengan beberapa pemberhentian di kota-kota tertentu seperti Blitar, Tulungagung, Yogyakarta, hingga Bandung. Awalnya, PO Harapan Jaya beroperasi di area Jawa Timur, melayani relasi Surabaya-Tulungagung. Kini, para pemudik juga dapat menikmati layanan sleeper dari Jakarta ke beberapa daerah di Jawa Tengah dan Timur.

Sleeper bus dari Harapan Jaya memiliki beberapa keunggulan seperti konfigurasi 1-1 dan jenis bus double decker berchasis tunggal yang nyaman, hingga fasilitas dalam bus seperti area merokok, LCD TV, selimut, bantal, isi ulang gratis air minum, kopi, dan teh, kursi pijat, dan layanan makanan gratis. 

Harga tiketnya tergantung pada rute yang ditumpangi. Rute Jakarta-Kediri dipatok harga Rp870 ribu untuk sekali jalan, sedangkan rute Jakarta-Solo dikenakan harga Rp735 ribu, berdasarkan tarif di laman penjualan tike bus, RedBus. Pemberangkatan kedua rute tersebut dimulai dari Pool Harapan Jaya Grogol, Jakarta Barat.

4 dari 4 halaman

6. Handoyo

Selanjutnya, ada PO asal Magelang, Jawa Tengah, Handoyo yang memiliki banyak rute perjalanan hingga ke Sumatera. Selain rute, PO ini juga menawarkan bermacam tipe fasilitas yang bisa dipilih oleh penumpang.

Tipe sleeper yang ada di bus Handoyo memiliki konfigurasi 1-1 dan jenis bus Super Double Decker yang nyaman dan dilengkapi dengan pembatas compartment untuk menjaga privasi penumpang. Bus ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti, bantal, selimut, TV sentral, air mineral gratis, porta USB, stop kontak, dan kudapan. 

Hingga saat ini, tipe sleeper yang ditawarkan oleh PO Handoyo hanya ada di relasi Jakarta-Yogyakarta yang dibanderol Rp565 ribu per penumpang. Terminal keberangkatan di Jakarta ada di Terminal Lebak Bulu atau Pulo Gadung dengan jam keberangkatan yang hampir sama, sekitar pukul 4 sore. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.