Sukses

Kronologi Livy Renata Dituduh Pakai Uang Donasi untuk Belikan Ibunya Mobil Mewah

Livy Renata menyatakan bahwa tidak ada inisiatif untuk mengumpulkan uang atau donasi dalam rangka pembelian mobil sang ibu.

Liputan6.com, Jakarta - Livy Renata terkenal sebagai influencer yang aktif berbagi konten-konten seputar gim dan kehidupan sehari-harinya di media sosial TikTok maupun Instagram. Sosoknya menjadi perbincangan hangat lantaran kabar yang menyebutkan dirinya membeli mobil mewah untuk ibunya dari hasil donasi.

Mengutip dari Tim Hot Liputan6.com, Senin (25/3/2024), kontroversi Livy membelikan mobil mewah untuk ibunya dari hasil donasi berawal saat dirinya membagikan tautan melalui aplikasi Trakteer. Tangkapan layar donasi di Trakteer dengan akun @livy-renata yang berjudul "Mau Beliin Mami Mobil" tersebut tersebar luas di akun berbagai platform media sosial, salah satunya Instagram @Lambe_Turah.

Terlihat donasi sudah mencapai 60,20 persen, namun tidak diketahui berapa target donasinya. Kemudian di lini masa, muncul foto yang menunjukkan bahwa Livy memberikan hadiah mobil Mercy untuk ibunya. Karena itu, warganet pun menyindir Livy melakukan ngemis online. "Kalian luntang luntung nyari duit, agar orang lain yang bahagia wkwkwk," sindir seorang warganet di X,

"Livy Renata berpotensi bisa melunasi utang negara min, yuk bisa jadi duta-dutaan," singgung yang lain lagi.

Tapi, pihak Livy langsung mengklarifikasi bahwa apa yang sebenarnya terjadi adalah ia membagikan konten foto selfie eksklusifnya melalui aplikasi Trakteer. Warganet yang ingin melihat konten tersebut bisa mengaksesnya dengan membayar, mirip dengan konten eksklusif di Instagram.

"Perlu diingat saya tidak membuka donasi, itu selfie eksklusif," tegas Livy melalui Instagram pribadinya.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Livy Renata Sebagai Influencer

Di luar itu, ia tak menanggapi kabar tersebut di akun media sosial Instagram maupun Insta Story. Livy hanya mengunggah kesehariannya seperti biasa, dengan welfie bersama rekannya, pergi makan di sebuah restoran hingga mengucapkan selamat ulang tahun ke temannya.

Diketahui Livy mulai aktif di YouTube sejak 2021. Ia semakin berkembang seiring dengan peningkatan popularitasnya pada 2022. Kolaborasinya dengan konten kreator lain seperti Nopek, Catheez, Meyden, dan Gabriel Prince, telah meningkatkan basis penggemarnya. 

Dengan ratusan ribu hingga jutaan penonton, kanal YouTube-nya memiliki sekitar 1,3 juta pelanggan, memberinya penghasilan dari YouTube AdSense yang signifikan. Tapi Livy mendapat sokongan dari orangtuanya yang merupakan pengusaha sukses, sehingga kebutuhan finansialnya tercukupi.

Tak hanya itu, lewat platform Nimo TV, Livy kerap membuat live streaming bermain game untuk menarik ribuan pengikut. Wanita berusia 21 tahun itu juga sering digandeng sejumlah brand untuk membuat konten produk berbayar. 

3 dari 4 halaman

Kisah Asmara Livy Renata

Mengenai kisah asmaranya, sebenarnya Livy tak terlalu terbuka soal siapa pacarnya. Namun, sempat beredar kabar Livy Renata sedang dekat dengan Tomohiro Yamashita alias Tomo Waseda Boys yang satu geng dengan Jerome Polin.

Kebersamaan Livy dan Tomo sempat menjadi sorotan beberapa bulan lalu, terutama saat perempuan yang pernah berkuliah di Australia itu berlibur di Jepang. Mereka diduga berkencan saat pergi bareng ke Disneyland Jepang.

Kedekatan keduanya bahkan didukung oleh Jehian, manajer dari Waseda Boys. Jehian yang kerap disapa Bang Ian itu pula yang memberikan tiket untuk keduanya berkencan ke Disneyland Jepang. Ia bahkan menyebut dirinya pak comblang untuk Livy dan Tomo.

 

Di beberapa kesempatan, Livy mengaku hanya berteman dengan Tomo. Tetapi, sang ibunda, Susana Rahardjo, justru seolah menunjukkan semangatnya bisa menjadi mertua dari Tomo, saat Geng Waseda Boys sedang menghadiri meet and greet Livy Renata.

Terekam lewat video yang diunggah di kanal YouTube Nihongo Mantappu, Jerome Polin, Tomo, dan Yusuke menemui Susana Rahardjo di balik panggung. Setelahnya, ibunda Livy Renata meminta berfoto berdua dengan Tomo saja. "Boleh enggak foto berdua, calon mantu?" ujar Susana, menyimak kanal Youtube Nihongo Mantap, mengutip pada Rabu, 4 Oktober 2023.

4 dari 4 halaman

Foto Berdua dengan Tomo Waseda Boys

Mendengar permintaan itu, Jerome Polin dan Yusuke langsung tertawa heboh. Sementara, Tomo bersikap salah tingkah lantaran dianggap calon menantu saat diajak foto berdua oleh ibunda Livy.

Tak hanya teman-teman Tomo, warganet yang menonton video itu jadi tak kalah heboh. Mereka menunjukkan reaksinya lewat komentar berupa potongan video momen tersebut yang ada di akun TikTok @tomolivy.

"Mami Livy aja sesuka itu sama Tomo, ikutan dikapal ini pokoknya," kata seorang warganet.

"Cuma tomo yang langsung dikasih lampu hijau sama mami susan," tulis seorang lagi.

"Pas livy cerita aja udh setuju. apa lg pas cerita mau jdi pilot lebh setuju krna bisa keliling negri sama mas pilot tomo," kata lainnya.

 

  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.