Sukses

Makan Siang Mengharukan antara Kate Middleton dan Raja Charles III Sebelum Umumkan Idap Kanker ke Publik

Kate Middleton diketahui menemui ayah mertuanya, Raja Charles III, untuk makan siang bersama yang dianggap sebagai momen tidak biasa antara keduanya, sebelum pengumuman kanker disampaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hal mudah untuk Kate Middleton menerima kabar bahwa ia mengidap kanker. Bukan perkara sederhana pula baginya untuk mengumumkan sakit yang dideritanya ke publik.

Cerita di balik pengumuman yang direkam di Istana Windsor pada Rabu, 20 Maret 2024, tak kalah mengharukan. Dikutip Minggu, 24 Maret 2024, The Sun melaporkan bahwa sebelum Kate menyampaikan kondisi kesehatannya, ia menemui Raja Charles III di Istana Windsor.

Charles pun rela menempuh perjalanan dari London ke Windsor untuk menemui 'anak menantu tercintanya itu pada Kamis, 21 Maret 2024. Sambil makan siang, Kate pun bicara dari hati ke hati tentang perasaannya, perjuangannya, dan mencari tahu bagaimana ayah mertuanya mengatasi penyakit kanker yang juga diidapnya.

"Sangat tidak biasa jika mereka berdua duduk bersama seperti ini. Raja telah diberitahu bahwa wanita yang dia sebut sebagai ‘menantu perempuanku tercinta’ menderita kanker," kata seorang sumber istana.

Sumber itu menyebut bahwa banyak hal didiskusikan dan dibagikan karena Raja Charles beberapa minggu lebih dulu memulai pengobatannya dan mengumumkan diagnosisnya. Ia juga meyakini bahwa Charles sudah mengetahui penyakit kanker yang diidap istri Pangeran William sebelum mereka bertemu siang itu.

"Raja meninggalkan makan siangnya dengan perasaan sangat emosional. Mereka sangat dekat dan dia menganggap Catherine sebagai putrinya," ucap sumber itu. "Tidak ada keraguan bahwa ada banyak hal yang dapat mereka bagikan dan gunakan satu sama lain sebagai dukungan selama perjuangan mereka melawan kanker."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menulis Isi Pidato Sendiri

Dalam kesempatan terpisah, seorang teman dekat Putri Wales mengatakan kepada The Times bahwa Kate sendiri yang menyusun kata-kata mengharukan itu.

Mereka berkata, "Hal ini memungkinkan dia untuk berbicara langsung kepada publik yang, sebagian besar, selalu bersama dia dan keluarganya dan tidak percaya pada kebisingan dan gosip. Itu semua karena dia, dia menulis setiap kata di dalamnya, semuanya terjadi dengan sangat cepat."

Pada Rabu, ketika video itu direkam, William tidak mendampingi istrinya karena sedang menghadiri tugas kerajaan. Dia melakukan kunjungan pribadi ke Pengawal Welsh di Barak Combermere dekat Windsor.

Namun, Kate memastikan bahwa William selalu berada di sisinya saat ia menjalani masa-masa berat tersebut. "Memiliki William di sisiku juga merupakan sumber kenyamanan dan kepastian," ucap Kate dalam video berdurasi 2 menit 15 detik tersebut.

The Sun juga melaporkan bahwa perawatan kanker Kate dimulai di akhir Februari 2024. Itu pula yang menjadi alasan William tak menghadiri acara thanskgiving dengan menyebutkan 'masalah pribadi' sebagai alasannya.

3 dari 4 halaman

Titip Pesan untuk Ketiga Anaknya

Dalam pernyataannya yang disampaikan Putri Wales via rekaman video, Jumat, 22 Maret 2024, ia menjelaskan alasan baru mengumumkan kondisinya saat ini. Pertimbangan utamanya adalah ketiga anaknya yang masih kecil.

"Kami membutuhkan waktu untuk menjelaskan semuanya kepada George, Charlotte, dan Louis dengan cara yang sesuai bagi mereka dan meyakinkan mereka bahwa saya akan baik-baik saja. Seperti yang telah saya katakan kepada mereka, saya baik-baik saja dan saya semakin kuat setiap hari dengan berfokus pada hal-hal yang akan membantu saya menyembuhkan pikiran, tubuh, dan jiwa saya," tutur Kate.

Kate sebelumnya menyatakan bahwa operasi perut yang dijalaninya pada Januari 2024 berjalan sukses dengan diagnosis saat itu dinyatakan bukan kanker. Namun, hasil pemeriksaan lanjutan menemukan bahwa ada sel kanker terdeteksi di tubuhnya dan kini ia menjalani kemoterapi pencegahan.

Berita itu mengejutkannya dan seluruh keluarganya. "Ini merupakan beberapa bulan yang sangat sulit bagi seluruh keluarga kami, tapi saya memiliki tim medis yang luar biasa yang telah merawat saya dengan baik dan untuk itu saya sangat bersyukur," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Dukungan Keluarga Kerajaan

Setelah pengumuman itu disampaikan, Raja Charles III lewat Istana Buckingham menyatakan bahwa 'Raja sangat bangga atas keberanian Catherine untuk berbicara seperti yang dilakukannya'. Ia juga tetap 'menjaga hubungan dekat dengan anak menantu tercintanya'.

Dukungan serupa disampaikan saudara laki-laki Kate, James Middleton. "Selama bertahun-tahun, kita mendaki banyak gunung bersama. Sebagai sebuah keluarga, kita akan mendaki yang satu ini denganmu juga," tulisnya di unggahan Instagram yang menyertakan fotonya dan Kate semasa kecil.

Sementara, Meghan Markle dan Pangeran Harry hanya menyampaikan pesan singkat untuk ipar mereka. "Kami mendoakan kesehatan dan kesembuhan bagi Kate dan keluarga dan berharap mereka dapat melakukannya secara pribadi dan damai."

Dukungan juga datang dari Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. Ia menyatakan bahwa Kate telah menunjukkan 'keberanian luar biasa lewat pernyataannya'. "Dalam beberapa minggu terakhir dia menjadi sasaran pengawasan ketat dan diperlakukan tidak adil oleh beberapa media di seluruh dunia dan di media sosial," katanya merujuk pada spekulasi liar yang beredar tentang keberadaan Kate.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.